Cara Update Publon.id dan Garuda.id ke Akun Author Sinta

Muhammad Alfatih Suryadilaga Ketua Asosiasi Ilmu Hadia (ASILhA)

Seiring dengan akan berubahnya sinta dengan versi 3.0 maka terdapat himbauan untuk memperbaruhi profil dengan memasukkan publon.id dan garuda.id. Himbauan tersebut dapat ditindaklanjuti dengan mudah dan cepat asalkan author sinta membuat publon.id dulu dan garuda.id dapat dengan mudah tanpa register.

Sebelum mengisi ke sinta membuat akun sendiri punlon.id dengan klik di google register dengan klik https://publons.com/account/register/. Web ini milik clarivate web of sciences. Lakukan register dengan memasukkan email, pasword dengan ada karakter kalau tidak menggunakan karakter tidak bisa, ulangi sekali lagi, tulis nama depan dan nama belakang dan klil register. Setelah itu anda dapat masuk login ke publon.id dengan cek email masuk dan klik aktivasinya.

Setelah anda dapat masuk ke publon.id anda dapat membuka public profile dan klik-lah nanti di url akan tampil angka no publon.id. Itulah yang disebut sebagai id publon yang dapat disingkronkan dalam akun author sinta setiap orang.

Setelah itu, masukkan ke garuda ristek dikti ke url berikut http://garuda.ristekbrin.go.id/. Jalau sudah masuk silahlan klik advanced search. Setelah masuk klil author dan tulis nama author yang hendak dicari dan institusinya. Setelah dua hal tersebut diinput, maka akan muncul nama author dan klik untuk lihat garuda.id dan publikasi di garuda. Kalau klik nama Muhammad Alfatih Suryadilaga dengan UIn Sunan Kalijaga Yogyakarta akana muncul nama seorang saja jika namanya muncul banyak pilih yang milik sendiri.

Setelah mengetahui publon.id dna garuda.id langkah selanjutnya adalah menginput dalam sinta. Klil https://sinta.ristekbrin.go.id/ akan muncul webnya dan kliklah author login dengan menggunakan email dan pasword. Setelah itu tinggal klik singkronisasi dengan WOS dan garuda.id. Update anda atas sinta telah usai. Data anda di sinta ini bisa disingkronkan ke pddikti juga.

 2,766 total views,  8 views today

Posted in Kolom Ketua ASILHA.