Larangan Memutuskan Tali Persaudaraan dalam Perspektif Hadis

Peter Alparizi

UIN Sunan Kalijaga

 

Sungguh Allah telah menciptakan manusia dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Allah telah menjadikan kita berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kita saling  mengenal. Maka dari itu dalam kehidupan dunia seharusnya saling tolong menolong di dalam kebaikan tidak memandang apakah dia berbeda keyakinan ataupun sama keyakinan.

 

Dan jangan sampai kita saling bermusuh-musuhan apalagi saling memutuskan tali persaudaraan, sungguh manusia diciptakan oleh Allah Swt dengan tujuan yang sama yaitu untuk menyembah Allah swt. Sesama orang beriman adalah bersaudara. Persaudaraan adalah suatu pendekatan yang mesti dijaga.

 

Persaudaraan bukan hanya dengan saudara kandung saja tetapi dengan sesama manusia kita juga bersaudara terutama sesama mukmin pada khususnya,sebagai saudara mestinya saling tolong menolong dalam kebaikan dan saling menjaga satu sama lain,dalam bersaudara kita tidak boleh saling benci membenci apalagi saling putus memutuskan tali persaudaraan.

Allah telah berfirman:

انّما المؤمنوان اخوة فأصلحوابين اخويكم وتقو الله لعلّكم ترحمون. (الحجرات  .ا)

Artinya :

Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karna itu damaikan lah antara kedua saudaramu dan bertakwa kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat. (QS al-Hujurat [49]: 10)

 

Jadi sudah sangat jelas bagi kita semua apalagi sesama mukmin,sesama mukmin adalah bersaudara maka oleh karna itu hendaknya kita sesama manusia terutama sesama mukmin saling tolong menolong didalam kebaikan dan jangan sampai kita saling benci membenci apalagi saling memutuskan dan mendiamkannya.

Rasulullah telah bersabda:

 

لايحلّ لمسلم ان يهجر اخا ه فوق ثلاث (رواه مالك البخاري ومسلم )

 

Artinya : Tidak halal bagi seorang muslim mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari

(HR Malik, al-Bukhari dan Muslim)

 

Mendiamkan sesama muslim itu sangat tidak diperbolehkan oleh Rasulullah Saw. Apalagi saling mendiamkan sesama mukmin maka oleh karena itu mari kita saling menjaga persaudaraan jangan sampai kita saling benci-membenci, saling putus-memutuskan.

 

Manusia satu dengan lainnya sesama muslim saling menjaga tali persaudaraan, jangan sampai kita berbuat yang tidak semestinya kita lakukan maka dari itu hendaklah dari kita semua saling tolong menolong didalam kebaikan tidak memandang apakah mereka lain kayakinan ataupun sebaliknya.

 

Dan jangan pernah kita saling beda bedakan seseorang atau menilai seseorang apalagi didalam tolong menolong didalam kebaikan,maka hendaklah kita menjadi hamba-hamba Allah swt. yang bersaudara.

 

Rasulullah telah bersabda:

لاتقاطعواولاتدابرواولاتباعضواوكونواعبادالله اخوانا( رواه مالك البخاري ومسلم )

 

Artinya:

Janganlah kamu sekalian saling putus memutuskan dan jangan pula belakang membalakangi dan jangan pula beci membenci jadilah kamu sekalian hamba-hamba Allah yang bersaudara.

(HR Malik al-Bukhari dan Muslim)

 

Dengan penjelasan di atas maka dapat kita ketahui Rasulullah sangat menekankan kepada kita semua terutama sesama muslim jangan sampai kita saling benci-membenci apalagi saling putus memutuskan tali persaudaraan ,dan jangan sampai kita berbuat yang tidak mesti kita lakukan .

 

Sesama manusia yang menjadi hamba-hamba Allah swt. adalah  umat yang bersaudara, dan saling tolong menolong dalam kebaikan tidak memandang apakah beda keyakinan ataupun sama keyakinan.

Rasulullah telah bersabda:

 

لايدخل الجنة قاطع (رواه البخاري ومسلم )

Artinya : Tidak masuk surga orang-orang yang memutuskan tali persaudaraan.

(HR:Bukhari dan Muslim)

 

 

Sungguh sangat dahsyat larangan bagi orang-orang yang memutuskan tali persaudaraan, terutama umat Islam khususnya, semua manusia yang memutuskan tali persaudaraan baik kalangan kaya maupun miskin tidak akan masuk surga dan sungguh sangat celaka bagi orang-orang yang memutuskan tali persaudaraan.

 

Maka dapat kita ketahui orang-orang yang memutuskan tali persaudaraan tidak akan mencicipi baunya surga, jangankan mencicipi bau surga masuk kedalamnya aja tidak akan bisa sebelum mereka bertaubat kepada Allah swt. dan menyambungkan tali persaudaraan,  Oleh karenanya mari kita bersama-sama menjaga tali persaudaraan.

 

Saling tolong-menolong didalam kebaikan dan jangan sampai kita semua saling benci-membenci apalagi saling memutuskan tali persaudaraan,maka mesti atau harus kita ingat jangankan memutuskan tali persaudaraan,mendiamkan sesama muslim saja sudah tidak perbolehkan oleh Rasulullah Saw.

 

Apalagi saling benci-membenci dan putus memutuskan tali persaudaraan,maka dari itu kita harus ingat dan menjalankan apa yang mesti kita jalankan begitu juga sebaliknya maka sesama muslim mesti saling mengingatkan apa yang telah disampaikan oleh Nabi saw., jangan sampai kita semua mengabaikan apa yang telah di sampaikan oleh beliau.

 

Menjahui segala sesuatu yang telah dilarang oleh beliau dan menjadikan apa-apa yang disampaikan oleh beliau maupun apa yang diperintahkan oleh beliau sebagai pandangan hidup.supaya kita menjadi hamba-hamba Allah yang bertakwa.

 4,980 total views,  34 views today

Posted in Opini.