Cara Buat Aku Google Schoolar

Muhammad Alfatih Suryadilaga

Ketua Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia (ASILHA)

 

 

Setiap publikasi apapun dapat terekam dengan otomatis di google schoolar. Rekaman tersebut baik publikasi buku, jurnal, proceeding seminar, atau lainnya. Hal tersebut dapat dilihat jika seseorang memiliki akun khusus google schoolar. Tidak saja publikasi melainkan kutipan yang diperoleh seseorang dalam karyanya yang terukur grafiknya dalam setiap tahunnya. Selain itu, dalam google schoolar juga diperoleh jumlah kutipan dan h indeksnya.

 

Saat ini mahasiswa sangat berbagia publikasi mereka dalam Proceeding USICON telah terekam dalam Google Schoolar. Jumlah mahasiswa dalam bimbingan dalam lima kelas atau 129 mahasiswa telah memiliki tulisan yang terekam di Google Schoolar.

 

Istilah h indek istilah yang dikenal sejak tahun 1985. Adalah seorang ahli Fisika di California yang bernama Jorge E. Hirsch yang mengenalkan cara menghitung kinerja ilmuwan. H indeks sebahai tolok ukur bagi akademisi dosen maupun peneliti atau mahasiswa dan lainnya dalam mengembangkan karya ilmiah.

 

H-index atau Hirsch number dapat dilihat diketahui di Google Schoolar dan beberapa pengindeks lainnya seperti Scopus, WOS, DOAJ dan lain sebagainya. Catatan ini memiliki manfaat bannyak bagi seseorang misalnya dalam hal penerimaan hibah penelitian yang berhak menjadi ketua antra lain adalah mereka yang memiliki nilai h-index minimal 2.

 

Setelah jadi https://scholar.google.co.id/citations?user=JZMT7NkAAAAJ. Dapat dilihat kutipan jumlahnya 811 kali dengan h indeks 13 dan h-10 indeks 18. H-10 artinya terdapat artikel 10 yang dikitip dalam 10 artikel lainnya dan i10 18 artinya terdapat 18 artikel yang dikutip minimal 10 artikel lainnya.

 

Adapun dalam kutipan Google Schoolar juga dilihat tahun 2020 sebanyak 159 buah dengan jumlah publikasi 80 buah. Tahun lain juga bisa ditemukan sampaiĀ  2008. Artinya adalah adalah kutipan dan publikasi yang dihasilkan penulis dapat dlihat fulktuasinya dalam abel pertahunnya.

 

Untuk membuat akun google schoolar dapat dilakulan dengan akun email berbasis gmail.com. Akun tersebut dapat digunakan untuk mendaftar di google schoolar dengan memasuki laman google schoolar. Jangan lupa memasukkan email dan paswordnya. Setelah itu bisa dilengkapi dengan profil dan artikel atau publikasi yang dimiliki.

 

Dalam Google Schoolar juga dapat dicari penulis bersama yang sebagai co-author dengan penulis lainnya. Asalkan yang berdangktan sudah membuat akun Google Schoolar, maka akan mudah terdeteksi dalam kepenulisan bersama.

 

 720 total views,  2 views today

Posted in Kolom Ketua ASILHA.