Cara Menulis Abstrak yang Baik

Muhammad Alfatih Suryadilaga
Wakil Dekan Akademik Fak. Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Ketua Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia (ASILHA)

Banyak conference atau karya ilmiah yang mengharuskan abstrak sebagai bagian penting. Abstrak berjumlah 150-200 kata merupakan intisari tulisan yang darinya diketahui beragam hal atas tulisan karya ilmiah. Abstrak menjadi awal perjumpaan sebuah karya ilmiah setelah judul karya itu sendiri. Atas hal tersebut posisi abstrak dalam hal ini menjadi penting. Bahkan dalam abstrak harus disajikan dalam bahasa asing untuk akses keterbacaan yang lebih luas.

Salah satu hal penting dalam review literatur dapat diperoleh melalui abstrak. Abstrak ini menjadi penting dan ditulis dalam maksikal 200 kata. Cara tersebut bagian dari model pembacaan dalam artikel yang memungkinkan untuk dapat mengutip ratusan jurnal dalam waktu singkat. Hal ini juga dapat menjadikan rujukan dalam artikel yang dibuat semakin banyak.

Abstrak yang baik harus memiliki standar tertentu. Setidaknya dalam abstrak ini menggambarkan hal penting dari pendahuluan sampai kesimpulan. Atas hal tersebut dalam abstrak harus ada fakta sosial empiris, tujuan dan pentingnya penelitian, metodologi dan hasilnya serta kesimpulan. Kesemuanya ditulis dalam dua sampai tiga kalimat dalam setiap pointnya.

Isi abstrak di atas merupakan bagian-bagian dalam artikel. Khusus fakta historis dan tujuan dapat dilihat dalam artikel IMRAD khusus dimuat dalam alinea pertama paragraf satu dan ketiga. Bagian metodologi berada di kajian setelah pendahuluan dan result merupakan bagian dari hasil kajian serta bagian akhir simpulan dari artikel.

Abstrak ditulis dalam bentuk yang ringkas namun berisikan padat atas informasi penting dalam karya ilmiah. Atas dasar itulah, menulis abstrak tidak disarankan lebih dari 200 kata. Sehingga, semua yang dalam abstrak penting dan tulis dengan bahasa yang berbeda dengan yang ada dalam artikel atau tidak copy paste bagian manapun. (MAS)

 1,588 total views,  4 views today

Posted in Kolom Ketua ASILHA.