Menjabarkan Manfaat Dari Aplikasi Muslim Pro Sebagai Bukti Dari Perkembangan Teknologi Di Era 4.0

Arya Asa Persada Setiawan

UIN Sunan Kalijaga

19105030013@student.uin-suka.ac.id

 

Sebagai seorang muslim, kita tidak boleh asing dengan Al-quran dam Hadist, karena keduanya merupakan pedoman dalam menjalankan kehidupan agar kita tidak tersesat dan mencapai keridhaan Allah SWT.

Perkembangan jaman berlalu begitu cepat. Banyak sekali inovasi dan ide yang dikembang yang pada dasarnya adalah untuk mempermudah kehidupan umat manusia. Dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi manusia tidak luput dari teknologi yang turut melekat dalam kehidupan sehari-hari. Seiring berjalannya waktu perkembanga teknologi merata disemua lini kehidupan manusia, tidak hanya mempermudah manusia dalam urusan keseharian (kegiatan ringan) saja, namun juga mempermudah kita dalam melakukan riset (penelitian).

Hal ini dibuktikan dengan perkembangan softwawe Muslim Pro yang dapat diunduh melalui perangkat IOS dan Android bahkan PC. Dengan adanya pengembangan software ini sangat mempermudah kita untuk mengakses Al-quran secara spontan dimana saja, kapan saja dan kemana saja. Tak hanya terbatas untuk itu, dikalangan akademisi seperti mahasiswa dapat mengakses ayat dengan mudah untuk keperluan akademisinya. Dulu harus membawa mushaf  untuk nengakses hal tersebut, sekarang mushaf berada di genggaman tangan kita kapan saja dan dimana saja.

Dalam praktiknya pihak pengembang dituntut untuk selalu memberikan update dan inovasi pada aplikasi agar pengguna selalu merasakan kemudahan. Tak terbatas untuk itu, sekrang software Muslim Pro dapat memberitahu kita waktu shalat dimanapun kita berada sesuai dengan waktu regional yang disandingkan dengan gawai. Momentum ini tentunya sangat membantu umat muslim dalam manajemen waktu shalat sekaligus dengan arah kiblatnya yang dimana shalat harus dikerjakan pada waktunya. Yang kedua aplikasi ini dapat mengingatkan kita untuk selalu berdzikir baik pagi (fajar) dan menjelang malam (magrib) aplikasi akan menotifikasikan pada gawai pengguna untuk berdzikir setiap saat.

Yang ketiga aplikasi alquran Indonesia dapat mengingatkan kita untuk memakukan shalat tahajud disepertiga malam dengan waktu yang sesuai dengan waktu regional yang disandinkan denga gawai pengguna. Yang keepat aplikasi ini dapat mengingatkan kita untuk membayar zakat, dan dapat menampilkan 99 Asma’ul Husna.

Ini adalah salah satu produk yang luar biasa dari perkembanga  teknologi yang dibuat oleh manusia. Tidak  hanya mempermudah untuk kegiatan sehari-hari tapi lebih mengerucut untuk kegitan ibadah sunnah,wajib dan ibadah yang dianjurkan lainnya. Dalam ranah akademisi Al-quran Indonesia turut andil dalam mempermudah mengakses dalil naqli. Dan hanya terbatas pada itu, karena sejatinya pemgambilan Pustaka terbatas pada satu sisi saja tetapi sangat luas dan megakar. Aplikasi ini hanyalah satu dari sekian banyak aplikasi yang mempermudah kegiatan akademisi.

Lalu apakah aplikasi ini memiliki kekuranagn? Tentu saja. Aplikasi ini terdapat iklan, namun penempatannya tidak pada posisi ketika sedang membaca Al-Qur’an, walaupun terdapat iklan tetapi seluruh fiturnya Gratis tanpa pembatasan, dimana hasil pendapatan dari iklan untuk membantu pengembangan aplikasi ini, seperti: biaya sewa bulanan 3 (tiga) Server untuk kebutuhan aplikasi ini dan biaya konsumsi para programmer dan desainer dalam mengembangkan fitur-fitur serta membetulkan bug-bug yang ada di aplikasi ini.

Catatan Penting Pihak Pengembang : jika anda merasa bhwa aplikasi ini tidak memberitahukan pemberitahuan adzan dan waktu shalat yang tepat, besar kemungkinan hal ini disebabkan oleh pengaturan anda. Dalam banyak kasus cara paling akurat untuk mendapatkan waktu shalat paling aman adalah menyalakan pengaturan otomatis.

 2,209 total views,  8 views today

Posted in Kajian.