Telaah Software al-Qur’an al-Qur’an Indonesia IOS

Dimas Surya Hanafi

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

19105030034@student.uin-suka.ac.id

 

Perlu kita ketahui bahwa al-Qur’an dan hadis mengalami banyak sekali perubahan dan perkembangan belakangan ini. Apalagi ditambah dengan zaman yang berkembang begitu cepat serta globalisasi yang sangat masif. Hal ini sangat mempengaruhi perkembangan al-Qur’an dan hadis, sehingga membutuhkan banyak modifikasi agar kajian al-Qur’an dan hadis bisa menyesuaikan zaman. Oleh karena itu, banyak muncul aplikasi dan software yang mendukung kajian al-Quran dan hadis seperti Maktabah Syamilah, al-Qur’an Indonesia, Muslim Pro dll.

Aplikasi di atas bahkan banyak diburu oleh pelajar-pelajar bahkan digunakan sebagai sumber data, sehingga peneliti tidak perlu mencari data hadis secara manual sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama dan tentunya tidak efektif sama sekali. Dalam hali ini, penguasaan teknologi sangat menjadi kebutuhan utama baik dalam instalasi maupun operasional. Setiap hasil karya manusia, pasti mempunyai banyak kekurangan dan kelebihan, termasuk dalam software al-Qur’an dan hadis ini. Maka ketelitian tetap menjadi pondasi utama dalam mengkaji al-Qur’an dan hadis. Dalam tulisan ini, saya akan membahas tentang salah satu software al-Qur’an dan hadis, yakni Al-Qur’an Indonesia IOS.

Al Qur’an dan hadis merupakan pokok utama hukum umat islam di seluruh dunia tidak terkecuali. Penelitian Al-Qur’an dan hadis sejak zaman dahulu kala hingga zaman sekarang memberi kelonggaran pengkajian lebih lanjut. Selain itu, karya-karya kitab para ulama tentang tafsir dan hadis sangatlah banyak. Dalam perkembangannya, Al-Qur’an lebih sering dikaji daripada hadis. Hal ini bisa kita lihat melalui karya-karya ulama yang banyak menghasilkan kitab-kitab tafsir. Selain itu, banyak sekali sarjana yang mengkaji Al-Qur’an disbanding hadis. Hal ini disebabkan karena pengkajian hadis kurang dalam data dan kitab rujukan.

Dalam naskah ini, penulis akan menyajikan salah satu aplikasi Al-Qur’an, yaitu Al-Qur’an Indonesia IOS. Aplikasi ini merupakan software sederhana yang bisa dikonsumsi setiap pengguna android maupun IOS. Aplikasi ini berbahasa Indonesia sehingga mudah dipahami oleh kalangan manapun. Adapun hal yang dibahas di makalah ini meliputi perihal aplikasi Al-Qur’an Indonesia IOS, cara penginstalan, dan cara pengoprasiannya serta contoh menggunakan aplikasi dalam mencari Al-Qur’an.

 Al-Quran Indonesia IOS adalah aplikasi yang diciptakan oleh Andi Susilo sejak 2019.  Aplikasi ini adalah Al-Qur’an digital dengan terjemahan Bahasa Indonesia dan audio mp3 murottal, 114 surah atau 30 juz tanpa batas. Aplikasi ini beroprasi secara offline. Selain itu, semua fiturnya gratis tanpa ada pembayaran apapun.

Fiturnya yakni design yang menarik, menggeser layer untuk berpindah surah, baca al-Quran bisa dengan layer landscape maupun portrait, dilengkapi dengan daftar surah, dilengkapi dengan daftar juz, penulisan menggunakan rasm usmani, didukung dengan tulisan latin (transliterasi), dilengkapi terjemahan bahasa indonesia, dilengkapi terjemahan tafsir jalalain, dilengkapi terjemahan Kemenag RI, bisa menyalin ayat-ayat al-Qur’an, bookmark ayat-ayat al-Qur’an, penanda bacaan terakhir, ilmu tajwid.

Selain hal di atas juga ditemukan beragam murottal 30 juz . Imam yang membaca adalah imam terkenal yaitu Imam Hani al-Rifai, Imam Mishary Rashid, Imam Fares Abbad, Imam Syaikh Mahmud Khalil al-Khusary, Imam Syaikh Maher al-Muaiqly, Imam Syaikh Saad al-Ghamidi, Imam Syaikh Muhammad Jebril, dan Imam Abdur Rahman al-Sudais. Selain itu ada juga pengontrol audio saat mendengarkan murottal, pencarian ayat-ayat berdasarkan kata kunci di terjemahan dan pastinya seluruh fitur bisa offline

Pada awalnya, fitur Al-Qur’an Indonesia IOS ini hanya memuat Al Qur’an dan terjemahannya saja. Tetapi aplikasi terus dikembangkan sampai sekarang sudah banyak fitur yang bisa diakses dengan aplikasi tersebut. Apalagi sekarang sudah didukung dengan tajwid dan tafsir jalalain yang pengaruhnya sangat besar. Setiap pembaca bisa mengetahui Al-Qur’an, terjemahan, tafsir serta tajwidnya.

Kelebihan Al-Qur’an IOS adalah berbahasa indonesia, bisa digunakan saat offline, tampilan yang menarik dan elegan, data cukup lengkap, gratis dan bisa diakses di play store dan app store

Berikut adalah langkah penginstalan Al-Qur’an Indonesia IOS, penyaji akan menggunakan versi IOS/Apple. Pertama, buka app store lalu cari kata kunci Al Quran Indonesia. Kalau sudah silahkan klik icon yang berwarna hijau. Lalu silahkan klik get app/dapatkan dan tunggu sampai download selesai, dan terakhir buka aplikasi

Cara mengopasikan Al Quran Indonesia tidaklah sulit, berikut adalah contoh pengoperasian Al Quran Indonesia dalam mencari ayat yakni buka Aplikasi Al Quran Indonesia dan klik pencarian. Lalu, tuliskan kata yang ingin dicari, seperti contoh kata “zina”, nanti akan keluar banyak ayat yang keluar, silahkan pilih salah satu.

Hadirnya aplikasi ini adalah salah satu untuk membantu untuk mencari dan memahami al-Quran dengan baik. Diharapkan kepada setiap pengguna untuk memanfaatkan dengan baik sehingga aplikasi ini bisa usable. Aplikasi ini juga salah satu solusi untuk pencarian ayat yang biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama.

 2,610 total views,  2 views today

Posted in Opini.