Software pencari Hadist berbahasa Indonesia

Muhammad Imaduddin

UIN Sunan Kalijaga

19105030088@student.uin-suka.ac.id

Banyak perubahan yang terjadi belakangan ini seiring dengan berkembangnnya zaman yang mempengaruhi tatanan kehidupan di dunia sehingga jauh meninggalkan peradaban yang dahulu seperti yang dituliskan dalam sejarah. Komunikasi global adalah salah satu dari sekian banyak yang mempengaruhi kehidupan, tidak terkecuali dengan ajaran dan perkembangan Islam yang juga merasakan dampak yang cukup besar.

Dalam hal ini kajian terhadap al-Qur’an dan hadis yang membutuhkan banyak sarana yang telah difasilitasi oleh komunikasi global sangat dibutuhkan agar kajian yang dilakukan dapat menyesuaikan dengan zaman, sehingga tidak tergerus oleh zaman yang semakin maju. Telah muncul berbagai software dan aplikasi belakangan ini yang mempermudahkan untuk pengkajian al qur’an dan hadis contoh nya seperti Maktabah Syamilah, Gawamil kalim, Lidwa dan aplikasi lainnya. Namun aplikasi yang diatas tersedia dalam Bahasa arab yang mungkin akan sedikit menyulitkan bagi para pengguna yang kurang paham Bahasa arab.

Untuk mempermudah pengguna yang kesulitan untuk berbahasa arab yang ingin mengkaji tentang hadis tersedia software yang bernama Hadis Soft. Software hadits yang satu ini mengambil rujukan kurang lebih 14 kitab hadits yang terdiri dari 9 dari kutub tis’ah yaitu Sahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan Tirmidzi, Sunan Nasa’I, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Muwatha’ Malik, dan Sunan Darimi, lima kitab hadits lainnya Sunan Daraquthni, Shahih Ibnu Hibban, Shahih Ibnu Khuzaimah, Musnad Syafi’i, dan Al-mustadrak.

Banyak sekali kemudahan dan manfaat yang didapat oleh pengguna untuk mengkaji hadis apabila menggunakan software ini diantaranya dalam software ini, hadis-hadsit telah dikelompokan berdasarkan tingkatan atau kedudukannya sehingga memudahkan pengguna memilah hadis yang sahih ataupun dhaif yang ditandai dengan ditulisnya sanad dari hadis tersebut. Selain memudahkan pengguna untuk membedakan kedudukan hadis software ini juga telah menyediakan beberapa tematis untuk menelusuri masalah yang dicari seperti hadis tentang makanan dan minuman, pakaian dan perhiasan, masalah kepribadian, muamalah, keputusan dalam hukum, kriminalitas dan jihad. Dan ada juga kelebihan yang cukup mencolok dari software ini adalah adanya fitur suara atau text to speech untuk menyuarakan hadis tersedia dalam suara pria dan wanita, namun sayangnya fitur tersebut terpisah dari software awal. Adapun fitur tersebut tersedia dalam Bahasa arab dan Indonesia:

https://archive.org/download/SetupHaditsSoft/VE_Arabic_Tarik_22kHz.zip (Pria)

https://archive.org/download/SetupHaditsSoft/VE_Arabic_Laila_22kHz.zip (Wanita)

https://archive.org/download/SetupHaditsSoft/VE_Indonesian_Damayanti_22kHz.zip (Wanita Indonesia)

 

Untuk memakai software ini tidak diperlukan biaya yang diperlukan karena bersifat gratis dan software ini juga tersedia dalam 2 mode yaitu mode online dan mode desktop. Adapun dalam mode online para pengguna cukup untuk mengunjungi website ini https://gethadith.web.app/ dan dapat langsung digunakan sebagaimana mestinya. Apabila software ini diperlukan dalam mode desktop atau offline pastikan untuk PC atau laptop yang digunakan telah tersedia atau terinstall NET FRAMEWORK dan berikut adalah langkah-langkah untuk menjalankan software hadissoft dalam mode desktop:

Download software pada link berikut : http://www.mediafire.com/file/sp5fx8zjcjx5qda/haditssoft_4.0.0.0.exe/file.

Extract file hasil download Apabila ditampilkan gambar seperti dibawah ini tekan “Next” Pastikan terdapat ruang yang cukup untuk tempat penyimpanan software ini kemudian tekan “Next” Berikutnya tekan “Install” dan tunggu proses instalasi hingga selesai Kemudian tekan “Next” apabila ingin menampilkan shortcut software ini.

Setelah proses intalasi selesai software hadissoft ini dapat digunakan dengan bebas oleh pengguna dengan keunggulan dan manfaat yang disediakan. Berikutnya adalah langkah-langah yang perlu diketahui untuk menjalankan software hadissoft ini dengan baik dan efisien:

Buka aplikasi “Hadissoft” Berikut adalah tampak awal dari software “Hadissoft”.

Pada bagian sebelah kiri terdapat 5 tab yang memiliki fungsi masing-masing Kitab-kitab yang menjadi rujukan yang berjumlah 14 kitab dan memiliki rincian masing-masing, Pembagian hadis berdasarkan kedudukannya, Pembagian hadis berdasarkan tema secara umum, Tab untuk menyimpan hasil pencarian pengguna dan Kategori untuk mencari hadis hanya berdasarkan kitabnya

Masukan kata kunci untuk mencari hadis dalam tab “cari hadis” Disini saya memberikan contoh dengan memasukan kata kunci “Makan”, maka semua hadsit yang tersedia dengan kata kunci makan akan ditampilkan berdasarkan buku serta jumlahnya. Apabila kata kunci yang dimasukan tidak spesifik maka tenttu akan banyak sekali hadis yang keluar seperci ditunjukan bahwa disamping 14 kitab tersebut terdapat angka yang menunjukan kemiripan atau kecocokan dengan kata kunci yang dimasukan. Setelah kata kunci dimasukan otomatis hadsit yang dimaksud akan ditampilan secara otomatis beserta dengan terjemahannya

 

Mencari sanad hadis, Seperti yang ditampilkan dalam gambar diatas untuk mengetahui sanad hadsit pengguna tinggal mengklik tab yang telah ditandai dan sanad dari hadis tersebut akan keluar. Sanad yang ditampilkan oleh software ini berbentuk vertical sehingga memudahkan pengguna untuk memahaminya. Selain menunjukan akan sanadnya setiap nama yang ditampilan memiliki rincian beserta sejarah masing-masing. Adapun tingkatan sanad dapat diketahui dengan warna berikut tabelnya

 

Mencari hadis yang serupa, Adapun tab selanjutnya digunakan untuk mencari hadsit yang serupa dalam kitab lain dengan hadis yang kita telusuri pertama yang ditampilkan di bagian tengah.

 25,268 total views,  14 views today

Posted in Kajian.