Efektivitas Penggalian dan Pencarian Data Al-Qur’an menggunakan Aplikasi Qsoft

Nila Mazaya

19105030048@student.uin-suka.ac.id

Seperti yang sudah kita diketahui, al-Qur’an merupakan pedoman hidup dan landasan hukum pertama bagi umat Islam di seluruh dunia. Sebagai kitab suci umat Islam, banyak orang mendalami dan mengkaji isi kandungan al-Qur’an sebagaimana ada hadis nabi, Rasulullah saw bersabda yang artinya: “Sebaik-baik dari kamu adalah orang yang mempelajari al-Qur’an dan mengamalkannya” (HR.Bukhari).  Pengkajian al-Qur’an sudah dilakukan sejak zaman Nabi Muhammad saw, yang dilanjutkan kepada para sahabat dan tabi’in. Lalu, pada masa tabi’it tabi’in, sudah mulai banyak dibukukan kitab-kitab ulumul qur’an.

Semakin berkembangannya peradaban manusia, kemajuan teknologi  dijadikan sebagai sarana untuk mempermudah aktivitas manusia di seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam mengkaji berbagai kajian keilmuan. Saat ini, semakin banyak software atau aplikasi , ebook, maupun jurnal yang digunakan untuk mempermudah dalam mengkaji berbagai keilmuan dengan lebih mudah dan praktis. Berbeda dengan zaman dahulu, kajian dilakukan secara manual, sehingga membutuhkan waktu yang tidak singkat,  pengkajian di era digital menjadi lebih efektif dan tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga karena dapat dijalankan melalui perangkat seluler  maupun komputer.

Di era modern ini, perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat harus diimbangi dengan pemanfaatan teknologi digital, termasuk juga dalam mempelajari al-Qur’an. Saat ini, sudah banyak dijumpai software al-Qur’an, salah satunya yaitu Qsoft.

Qsoft merupakan aplikasi berbasis data yang digunakan untuk mencari, memilah, menghitung , menyaring  semua unsur yang terdapat dalam al-Qur’an, baik berupa huruf, kalimat, ayat, surat, maupun juz. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mengkaji dan mempelajari al-Qur’an, memahami koherensi ayat-ayat, dan dapat mengoptimalkan data al-Qur’an. Software ini dirancang untuk menggali informasi data al-Qur’an  dengan cepat, mudah serta akurat.  Karena di dalamnya dilengkapi fungsi database yang terdapat pada Microsoft Access yang menjadi bagian dari Microsoft Office. Software penggalian data ini sangat berguna sebagai alat bantu bagi para akademisi dalam penelitian, pembuatan skripsi, jurnal ataupun tesis yang memerlukan penggalian data al-Qur’an lebih dalam.

Fungsi dari aplikasi ini yaitu mampu menampilkan ayat-ayat al-Qur’an baik berharakat maupun tanpa harakat, terjemahan departemen agama, perbandingan tafsir, asbabun nuzul, asmaul husna, tablet hijaiyah; penelusuran dan menghitung jumlah ayat, kata, asal kata, huruf, huruf fawatih berdasarkan kriteria tertentu; melakukan pencarian dan menyaring ayat yang mengandung  kalimat atau kata tertentu, serta pengurutan data al-Qur’an setelah melakukan penyaringan dan  kemudian menyaring ulang, menyaring kata berdasarkan akar kata dan perubahan bentuknya, seta konkordasi kata dengan 3 sistem index. Selain itu, software ini menampilkan berbagai macam teks utsmani, serta audio murattal qori terkenal dunia.

Sebagai contoh, pengguna aplikasi ingin mencari kata Zakat di dalam al-Qur’an. Setelah melakukan pencarian, aplikasi Qsoft akan menunjukkan seluruh kata Zakat yang terdapat di dalam al-Qur’an. Dengan begitu,  pencarian data dalam al-Qur’an dengan menggunakan aplikasi ini akan lebih mudah dan cepat.

Agar dapat menggunakan software ini, maka harus untuk memilki Microsoft Access. Microsoft Access adalah bagian dari Microsoft Office. Oleh karena itu, jika dalam komputer sudah teinstall software Microsoft Office, maka  secara otomatis Microsoft Access sudah ada di dalam komputer.

Cara penggunaan aplikasi untuk menelusuri data al-Qur’an :

  1. Pencarian

Klik tombol cari, kemudian masukkan kata kunci “petunjuk”, lalu tekan enter, klik “cancel” lalu klik tombol “filter by selection” pada toolbar (program akan menyaring kata yang di highlight), setelah terjemahan ayat dalam bahasa Indonesia yang mengandung kata “petunjuk” telah tersaring, selanjutnya klik tombol “remove filter” pada tool bar untuk menghilangkan saringan. Begitu pula dengan ayat arab dan transliterasi.

  1. Penyaringan Ganda (filter by selection)

Ketika membaca surah Al-Maidah ayat 95 dan Anda melihat seruan Allah swt kepada orang-orang yang beriman (Yaa ayyuhaa alladziina aamanuu), maka highlight kalimat “Yaa ayyuha alladziina aamanuu”, kemudian klik tombol “filter by selection” (akan ditemukan 89 ayat yang hanya ditunjukkan kepada orang-orang yang beriman), kemudian highlight kalimat “Yaa ayyuha alladziina aamanuu laa”, klik tombol “filter selection” (akan ditemukan 27 ayat yang mengandung larangan yang ditunjukkan kepada orang-orang yang telah beriman.

  1. Penyaringan Ganda (filter by selection dan filter excluding selection)

Highlight kata “yaa ayyuhaa” pada field transliterasi, kemudian klik tombol “filter by selection”(terdapat 143 ayat yang mengandung kalimat “yaa ayyuha”, highlight kalimat yaa ayyuhannas pada field transliterasi, klik tombol “filter excluding selection”(terdapat 123 ayat yang tidak mengandung kata “yaa ayyuha annaasu” berarti terdapat 20 ayat yang mengandung kata “yaa ayyuhaa annaasu”(143 dikurangi 123)

Lakukan lagi no.3 dan 4 dengan kalimat yang berbeda, maka akan dihasilkan :

143 yaa ayyuha, 89 kepada orang yang beriman, 20 kepada manusia, 2 kepada rasul, 12 kepada nabi, 1 kepada rasul-rasul, 1 kepada orang kafir, 1 kepada Rasulullah, 1 kepada ahli kitab, 1 kepada Rasulullah, 2 kepada Iman dan lain sebagainya.

  1. Penyaringan dengan 2 Kata Kunci “dengan menyebut nama” dan “dengan (menyebut) nama”

Bismi, dengan Bi(i)smi, terdapat perbedaan huruf arabnya yaitu alif, yang tanpa huruf alif selalu diikiti oleh kata Allah, sementara yang dengan huruf alif diikuti oleh kata Rabb.

  1. Hasil Pencarian dengan Teks Arab (dengan/tanpa tanda baca)

Melakukan filter pada kata Allah,  akam menghasilkan 1745 ayat yang mengandung kata Allaha, Allahi, Allahu. Tetapi apabila Anda menyaringnya pada teks Arab yang memakai tanda baca Allahi anda hanya akan mendapati 825 ayat yang mengandung kata Allahi.

Aplikasi Qsoft ini memudahkan semua orang untuk memperdalam ilmu agama, khususnya kitab suci al-Qur’an dengan memanfaatkan teknologi digital. Dengan memahami isi kandungan al-Qur’an, diharapkan umat Islam dapat memahami nilai-nilai ajaran dalam al-Qur’an serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

 2,450 total views,  2 views today

Posted in Kajian.