Ragamnya Software Al-Qur’an Hingga Munculnya Qur’anChat.Me di Aplikasi WhatsApp dan Media Platfrom Messenger Lainnya

Dede Eva Apipah A
19105030058@studentuin-suka.ac.id

Di zaman serba canggih ini, perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) telah menghantarkan pada penemuan-penemuan baru yang telah mempengaruhi aspek kehidupan manusia, baik itu dalam dunia bisnis, hiburan, pendidikan, bahkan tak terkecuali dalam bidang keagamaan, khususnya agama Islam dalam bidang Studinya. Hal tersebut mendorong manusia untuk terus berfikir guna menghasilkan inovasi baru yang mengandung manfaat agar bisa dirasakan khalayak.

Revolusi Industri 4.0 yang terjadi di zaman sekarang ini, betul-betul telah menuntut segala bidang untuk turut bertransformasi dari yang tadinya manual menuju bentuk digital. Hal inilah yang kemudian menjadikan bentuk lama (manual) mulai terdisrupsi. Sebut saja, tukang ojek daring yang secara tidak langsung mulai mengalahkan tukang ojek manual yang tidak tergabung dalam aplikasi digital, karena kurangnya melek teknologi.

Perubahan dari bentuk manual terhadap bentuk digital ini betul-betul sudah merambah terhadap studi-studi Islam, terlebih Al-Qur’an, yang mana akrab dengan sebutan digitalisasi Al-Qur’an, yang terbentuk dalam aplikasi maupun software. Hal tersebut dilakukan tidak lain sebagai upaya para cendikiawan muslim agar studi Islam tetap eksis ditengah-tengah zaman serba canggih ini, dengan tujuan agar studi Islam tidak tergerus oleh zaman. Al-Qur’an yang mulanya berupa cetakan mushaf dan dibawanya pun cukup berat, kini aplikasi maupun software Al-Qur’an bisa dibawa kemana saja dengan ringan karena sudah menyatu dengan smartphone maupun laptop yang kita bawa.

Seiring berjalannya waktu dan teknologi semakin canggih, kini software-software Al-Qur’an semakin banyak ragamnya. Dan tentu saja hal tersebut terus mengalami penyempurnaan guna menghasilkan software yang dapat mendatangkan manfaat dengan menghadirkan berbagai fitur-fitur sebagai pelengkap di dalamnya, seperti dengan ditambahkan fitur terjemah, tajwid, tafsir, asbaabunnuzul, audio murottal para Qari terbaik, bahkan tak lupa dilengkapi dengan fitur kitab digital hadis. Jadi, kita bisa mengakses fitur tersebut dalam satu fasilitas, yakni dalam satu software saja.

Ragam software Al-Qur’an yang dapat kita akses sangatlah banyak sekali, diantaranya ada Al- Qur’an digital, Holy Qur’an, Qur’an in Word, Holy Qur’an Viewer, Pocket Qur’an, Mobile Qur’an, Digital Qur’an Linux, Zekhr, Ayat KSU (King Saud Uniersity), My Qur’an Indonesia 1.2.2, MyQuran Indonesia Lite Quran, Al-Qur’an Explorer, Al-Qur’an Mushaf Madinah, Aplikasi Al-Qur’an dan Hadits, dan masih banyak lagi. Tentunya software-software tersebut akan sangat membantu memudahkan semua penggunanya, terlebih di kalangan akademisi.

Dari keragaman software tersebut, nampaknya para pemikir dan cendikiawan Muslim yang melek Ilmu Teknologi tak sampai disitu saja dalam menghadirkan digitalisasi Al-Qur’an, mereka semakin berpikir bagaimana caranya agar digitalisasi Al-Qur’an hadir dengan tanpa melalui Software yang kerapkali membutuhkan kapasitas memori yang lebih besar bahkan tak jarang yang berbayar. Namun tetap dilengkapi dengan fitur-fitur sebagaimana lazimnya software Al-Qur’an. Hal tersebut sejalan dengan sebuah inovasi baru, yang dua tahun ini telah hadir ditengah-tengah kita, yakni Qur’anChat.Me, yaitu sebuah aplikasi chatbot yang tersedia dalam platfrom Messenger.

Qur’anChat.Me merupakan sebuah inovasi baru yang hadir dalam dunia digital studi Islam untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an dalam bentuk asisten virtual atau layanan aplikasi digital berbasis chatting atau chatbot. Dimana layanan ini sangat mudah untuk kita dapatkan, karena layanan tersebut bisa kita dapatkan melalui media platform Messenger seperti aplikasi WhatsApp, Telegram dan Line. Hal tersebut tentu saja memudahkan setiap orang untuk mengakses Al-Qur’an digital dimanapun berada, mengingat aplikasi messenger ini hampir setiap orang bahkan sebagian besar mampu mengaksesnya, terlebih aplikasi WhatsApp.

Dalam layanan chatbot ini, kita akan menemukan berbagai fitur menarik dan juga bermanfaat. Sehingga tak ayal, layanan ini banyak diminati banyak orang. Bahkan penulis sendiri pun menyimpan nomor bot tersebut, karena penulis rasa layanan ini cukup penting untuk menjaga keefektifitasan waktu, terlebih bagi seorang akademisi yang kerapkali dikejar jam terbang. Adapun fitur yang disediakan layanan chatbot ini cukup banyak dan menarik, diantaranya:

  1. Asisten Virtual

Asisten virtual atau layanan aplikasi digital ini bisa menjadi teman kita dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an, tak ubahnya kita yang sedang melakukan percakapan di Messenger dengan teman kita. Pun demikian dengan asisten virtual Al-Qur’an. Layanan ini betul-betul menjadi teman dimanapun kita berada.

  1. Privat dan Group

Dalam layanan Chatbot ini, kita bisa memilih, apakah kita mau chat asisten virtual secara pribadi atau menggunakan chatbot ini secara bersama-sama, yakni dalam sebuah group chat.

  1. Cari Ayat

Dalam fitur ini, kita akan dengan mudah dan cepat dalam melakukan pencarian ayat, terjemah, dan tafsir Al-Qur’an.

  1. Pengingat Ayat

Untuk sekarang, fitur pengingat ayat ini belum ada. Namun kabar baiknya fitur ini akan segera hadir melengkapi Qur’anChat.Me. Asisten virtual ini nantinya akan menyapa para pengguna dengan menyampaikan ayat Al-Qur’an secara berkala.

  1. Tadabbur

Fitur tadabbur ini juga akan segera hadir melengkapi Qur’anChat.Me. Nantinya fitur ini akan selalu mengingatkan kita untuk senantiasa mempelajari ayat Al-Qur’an tanpa terlewat sehari pun.

  1. Banyak Sumber

Fitur ini juga akan segera hadir guna melengkapi sumber Qur’anChat.Me. Dan sumber yang dimaksud adalah hadis.

Lantas, bagaimana agar kita bisa menggunakan layanan chatbot tersebut? Tentu saja sangatlah mudah dalam menggunakannya. Kita cukup buka link https://quranchat.me/, kemudian klik salah satu tombol “Chat Me” platform messenger, apakah akan memilih WhatsApp atau Telegram, maka secara otomatis kita akan langsung terhubung dengan platform messenger tersebut. Kemudian, mulailah dengan chat “assalamualaikum”. Jika ternyata chat belum terbalas, tunggulah beberapa saat karena bisa jadi sedang dalam proses update/pemeliharaan dan kita coba lagi beberapa saat.

Kemudian dalam tulisan sederhana ini, penulis juga akan memaparkan bagaimana cara kita chat ke nomor bot Qur’an untuk memanfaatkan fasilitas fitur asisten virtual, yang dimana dalam fitur ini kita bisa menampilkan terjemahan dan ayat Al-Qur’an dengan melakukan chat ke nomor bot dengan format nama/no surat [spasi] ayat yang ingin di tampilkan, atau bisa juga dengan format surat [spasi] nama/no surat/ [spasi] ayat.

Dalam fitur asisten virtual ini, kita bisa menampilkan tafsir ayat Al-Qur’an, maka kita cukup ketik dengan format tafsir/taf [spasi] nama/no surat atau dengan format tafsir/taf [spasi] nama/no surat [spasi] ayat. Untuk melakukan search/pencarian di dalam tafsir tersebut, maka cukup ketikan dengan format chat cari [spasi] tafsir [spasi] kata kunci. Kemudian, jika kita ingin melakukan pencarian ayat Al-Qur’an, maka kita cukup ketikan dengan format chat cari [spasi] kata kunci.

Adapun tafsir yang digunakan dalam layanan ini adalah tafsir jalalain. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahwa tafsir jalalain merupakan tafsir yang sangat fenomenal dan kerap menjadi rujukan, bahkan tafsir jalalain ini salah satu tafsir yang menjadi bahan kajian pokok hampir di setiap pondok pesantren. Kabarnya, dalam layanan Qur’anChat ini akan segera hadir tafsir Ibnu Katsir dan tafsir-tafsir yang lainnya.

Terdapat hal yang unik, yang dapat kita temukan dalam asisten virtual chatbot Qur’anChat, dimana kita bisa melakukan tebak surat dan ayat, yang mana dalam bot ini terdapat sebuah permainan tebak-tebakan ayat dan surat, permainan ini tentu sangat cocok untuk mengetes hafalan Al-Qur’an kita. Adapun format yang harus kita ketikkan yaitu tebak [spasi] surat/ayat/semua. Selain itu juga, di dalam asisten virtual chatbot ini kita bisa menjawab tebakan surat maupun ayat, yang mana di dalam permainan tebak-tebakan ini bisa langsung kita jawab dengan mengetikkan format chat jawab [spasi] jawaban.

Namun, apakah sumber yang digunakan layanan Qur’anChat bisa kita percaya? Tentu saja hal tersebut bisa dipertanggungjawabkan pihak layanan Qur’anChat, mengingat segala sumber yang digunakan dilayanan ini diambil dari tanzil.net yang betul-betul sudah sangat terpercaya keakurasiannya, karena tanzil.net ini merupakan sebuah proyek Al-Qur’an berkelas internasional yang menyediakan teks Al-Qur’an yang sangat terverifikasi di Unicode untuk dapat digunakan di situs web dan aplikasi Al-Qur’an sebagai sumber terpercaya.

 2,870 total views,  2 views today

Posted in Opini.