Pembacaan Hadis-hadis al-Syamail al-Muhammadiyah oleh LSQH UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

12 Rabiul Awal 1442 H. LSQH Labotorium Studi al-Qur’an Hadis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adakah serangkaian pembacaan Kitab al-Syamail al-Muhammadiyah karya Imam al-Tirmizi. Kitab tersebut dibaca oleh akademisi Prodi ilha dan IAT sebanyak 14 orang. Mereka itu antara lain Dr. H. Muhammad Alfatih Suryadilaga, S.Ag. M. Ag., Dr. Phil Sahiron, M.A., Prof. Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag. Kesemuanya dapat dilihat dalam Chanel Youtube LSQH.

Kitab yang memiliki tebal 200 halaman tersebut berisikan tentang pribadi Nabi Muhammad saw. tentang penciptaan dan akhlaknya. Setidaknya pengarang mengumpulkan 56 bahasan dan 417 hadis. Bahasan pertama terkait erat dengan sifat fisik Nabi saw. kemudian dilanjutkan tentang khatam atau tanda-tanda kenabian, rambut, sisir atau jungkas dan semir Nabi saw. Hadis-hadis yang mengungkapkan tentang kepribadian tersebut lebih banyak disampaikan secara apik oleh sahabat dekat beliau. Mereka itu antara lain, sahabat Ali bin Abi Thalib, Aisyah r.a. Anas bin Malik, dan sebagainya.

Silahlan mengunjungi chanel youtube LSQH. Sudah empat dosen dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mengaji kitab di atas. Klik dan subcriber chanelnya di https://www.youtube.com/channel/UCCxeixldSu5aMSPp0sLZVBA/videos. Selamat menikmati dan mengkaji keteladanan Rasulullah saw. (MAS)

 1,024 total views,  4 views today

Posted in Berita.