Integrasi Software Maktabah Syamilah dengan Game Online Quizz Menggunakan Software Quizz

Fina Izzatul Muna
UIN Sunan Kalijaga
19105030066@student.uin-suka.ac.id

Seiring berkembangnya zaman, kita telah sampai di era digital dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat dan maju. Di mana semua manusia dituntut untuk melek teknologi mengikuti arus globalisasi teknologi. Hanya modal gawai kemudian “klik” sesuai apa yang kita cari langsung muncul dengan cepat. Dengan demikian, perkembangan teknologi mempermudah mengakses informasi secara cepat.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat juga membantu perkembangan kehidupan di berbagai bidang, misalnya pendidikan, sosial, ekonomi, dan lain sebagainya. Selain itu, dimanfaatkan dalam bidang khusus kajian al-Qur’an dan hadis. Berbagai macam software/ perangkat lunak ensiklopedi kitab muncul sehingga memudahkan kita dalam proses kajian, baik al-Qur’an maupun hadis.

Salah satunya adalah software Maktabah Syamilah. Tentunya software Maktabah Syamilah sudah tidak asing lagi di dunia kepesantrenan. Selain itu, sangat dikenal juga oleh sivitas akademi dan cendekiawan muslim. Maktabah syamilah merupakan perangkat lunak berbasis aplikasi perpustakaan digital Islami yang menyajikan berbagai macam referensi kitab-kitab ulama’. Maktabah Syamilah dikenal juga sebagai aplikasi kumpulan kitab secara lengkap. Sekitar kurang lebih 7.533 kitab di dalam Maktabah Syamilah. Di antaranya terdapat kitab fikih dari berbagai madzhab, kitab tafsir, kitab dan syarah hadis, nahwu dan sharaf, balaghah, ushul fikih, dan lain sebagainya.

Software Maktabah Syamilah telah lama dipublikasikan dan banyak orang telah menggunakan software ini. Terutama oleh para pengkaji. Selain itu, perangkat lunak ini dihadirkan khusus untuk para pengkaji di bidang tafsir al-Qur’an, hadis, dan berbagai ilmu lainnya yang berbasis kitab rujukan Islam. Dengan demikian, perangkat lunak ini mendukung untuk memperdalam kajian tafsir, hadis, dan kitab rujukan islam secara lebih mendalam.

Hal pertama yang perlu kita siapkan untuk menginstal software Maktabah Syamilah adalah persiapkan terlebih dahulu laptop/ pc minimal windows 7 dan sudah terinstal atau siap terbaca oleh teks Arab. Selanjutnya, kita download file Maktabah Syamilah. Setelah itu, ekstrak file yang telah di download dan double klik file shamela.exe kemudian tunggu proses instalasi selesai dan Maktabah Syamilah siap digunakan.

Untuk cara menggunakan Maktabah Syamilah sangatlah mudah, asalkan kita paham dan mengerti bahasa Arab. Karena bahasa yang ada di dalam Maktabah Syamilah semuanya bahasa Arab. Jika kita tidak paham betul dan mengerti bahasa Arab, maka kita akan kesusahan dan kebingungan dalam menggunakan Maktabah Syamilah.

Selain itu, kita perlu mempelajari setiap fungsi ikon yang terdapat di dalam Maktabah Syamilah atau software perpustakaan digital Islam ini. Terdapat lima fungsi ikon utama di dalam Maktabah Syamilah. Pertama, ikon gambar buku terbuka yang berfungsi untuk memilih kitab. Kedua, ikon al-Qur’an untuk membuka al-Qur’an.

Ketiga, ikon kaca pembesar berfungsi sebagai pencarian untuk mencari potongan-potongan teks yang terdapat di dalam berbagai kitab yang nantinya akan dipilih. Keempat, ikon pdf yang berfungsi untuk mendownload dalam bentuk file pdf. Kelima, ikon logo ceklist berwarna hijau atau merah jika ada perlu kitab yang diupdate.

Cara mencari kitab di Maktabah Syamilah sangatlah sederhana. Hal pertama yang perlu dakukan adalah buka terlebih dahulu menu اختار كتاب. Setelah itu pilih menu الكتب yang berada dibawah menu التصنيف. Lalu ketik nama kitab yang ingin dicari di kolom pencarian yang sudah ada dan kitab yang dicari sudah ada, maka akan muncul di database Maktabah Syamilah.

Dengan adanya software Maktabah Syamilah, bisa juga digunakan untuk mentakhrij hadis. Takhrij hadis merupakan bagaimana proses mengeluarkan identitas-identitas dari sebuah hadis. Baik dari segi matan, jalur periwayatan atau rawi hadis, hingga status derajat hadis. Tujuan yang paling utama adanya takhrij hadis adalah untuk mengetahui status derajat hadis. Apakah hadis tersebut yang ditakhrij maqbul sehingga bisa diamalkan dan dijadikan hujjah. Ataukah hadis tersebut mardud sehingga tidak bisa diamalkan dan juga tidak bisa dijadikan hujjah.

Namun demikian, software Maktabah Syamilah tergolong perangkat lunak yang bersifat pasif. Sehingga akan terlihat monoton dan tidak adanya timbal balik dari sistem komputer. Lain halnya jika dibuat semacam game online interaktif yang mana user dapat merespon balik dari sistem komputer itu.

Salah satu software interaktif adalah quizizz. Quizizz sangatlah populer dan banyak dipakai untuk pembelajaran berbagai macam pelajaran yang berbasis web dan online. Di dalam software quizizz menyediakan fasilitas untuk membuat soal interaktif berbasis web berupa kuis-kuis, baik dengan opsi pilihan ganda, isian singkat, maupun isian panjang.

Selain itu, ada fitur tambahan presentasi untuk mempermudah dalam kegiatan pembelajaran. Software ini mempermudah pengguna yang tidak mahir dalam bidang web designer yang mampu membuat suatu halaman web.

Quizizz di desain untuk pembelajaran berbagai macam pelajaran termasuk juga dalam hal hitung-hitungan, seperti matematika, fisika, kimia, dan sebagainya.

Selain itu, perangkat lunak quizizz bisa mengatur durasi waktu pengerjaannya. Jika telah habis durasi waktunya, maka soal tidak bisa muncul kembali. Supaya tidak tampil mononton, bisa juga dengan mengaktifkan suara musik selama mengerjakan soal kuis sehingga memberikan kesan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Cara memainkannya cukup mudah yaitu hanya dengan memasukkan kode dari pembuat soal kamudian klik mulai. Setelah selesai mengerjakannya akan mengetahui juga peringkat dari berapa pemain game itu atau yang mengisi soal kuis dan jawaban yang salah serta benar. Penilaiannya dari kecepatan dan ketepatan soal dalam menjawab.

Oleh karena itu, software quizizz bisa digunakan untuk kajian khususnya dalam kajian tafsir al-Qur’an dan hadis. Dengan demikian, quizizz akan mendukung software Maktabah Syamilah. Sehingga muncul integrasi di antara keduanya, yaitu quizizz dan Maktabah Syamilah.

Maktabah Syamilah dijadikan sebagai sumber data dan referensi kitab-kitab sedangkan software quizizz digunakan untuk memberikan soal-soal kuis untuk mengasah otak yang bersumber dari Maktabah Syamilah. Selamat mencoba.

 2,196 total views,  2 views today

Posted in Opini.