Ketua ASILHA Berbagi Ilmu Kepenulisan Artikel di UIN Imam Bonjol Padang

Kamis, 31 Oktober 2019 Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang adakan worksop penulisan artikel. Kegiatan tersebut bertemakan kiat-kiat menulis artikel di jurnal terakreditasi. Hadir dalam kesempatan tersebut dosen-dosen dari fakultas dengan beragam prodi di dalamnya.

Artikel jurnal merupakan kebutuhan setiap insan akademisi di PT. Hal tersebut dijelaskan Dr. Widia Fithri selaku Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama ketika membuka kegiatan di atas. Sehingga melalui acara ini mampu menjadikan artikel dapat menjadi baik dan diterima di jurnal yang bereputasi.

Pengetahuan aspek teknis dan kualitas akan menentukan diterima atau ditolaknya sebuah artikel. Hal terebut dijelaskan oleh Dr. H. Muhammad Alfatih Suryadilaga, S.Ag. M.Ag. selaku ketua Asosiasi Ilmu Hadis (ASILHA) dan sekaligus editor in chief Esensia Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga. Setidaknya jangan sampai ditolak karena aspek teknis karena ketidaktahuan akan petunjuk teknis dalam authar guidlines dan template yang harus diikuti. Termasuk di dalamnya dalam kualitas artikel harus mengikuti petunjuk teknis.

Penggunaan manajemen referensi juga menjadi bagian terpenting dalam hal ini. Hal tersebut untuk memudahkan dalam pengutipan dan pemenuhan minimal rujukan di dalamnya. Untuk memenuhi hal teresebut dapat dilakukan dengan zotero atau mendeley dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kualitas artikel juga ditentukan dengan kualitas rujukan di dalamnya. (MAS)

309 total views, 6 views today

Posted in Berita.