Selamat Jalan Dr. Burhanuddin Darwis, Lc. M.Th.I Sekretrais Asosiasi Ilmu Hadis (ASILHA)

Salah seorang pengurus inti yakni sebagai Sekretaris I dari Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia (ASILHA) meninggal dunia pada hari ini, Senin 22 April 2019. Beliau adalah Dr. H. Burhanuddin Darwis, Lc. M.Ag, Seorang dosen tetap di Prodi Manajemen Haji dan Umroh Fakultas Dakwah UIN Alauddin Makassar. Selain aktif mengajar di almamater yang terkenal dengan kajian hadis di dalamnya, Almarhum juga aktif di  berbagai kegiatan di masyarakat baik sebagai penceramah maupun khatib Jum’at di Makassar. Dengan demikian, sosok almarhum dalam bidang yang dikembangkan oleh PT sangat besar.

Beliau adalah alumni S1 dari Universitas al-Azhar Kairo tahun 2000. Sedangkan Studi S2 dan S3nya dapat diselasaiskan  di IAIN/UIN Alaudddin Makassar tahun 2004 dan 2014. Disertasi yang dipertahankan dlaam Ujian Terbukanyya dalam meraih gelar Doktor adalah Wawasan Hadis tentang Takdir. Disertasi beliaua ini masuk sebagai salah satu nominator dalam award di lingkungan kampus UIN Alauddin Makassar pada tahun 2014 dalam bentuk penulisan buku gerakan seribu penulisan buku di almamaternya. Adapun sekolah menengahnya adalah di MAPK Ujung Pandang diselesaiakan pada tahun 1991. Melalui pendidikan inilah, maka beliau dapat menyelesaiakan studinya di al-Azhar Kairo. Kegiatan pendidikan tersebut di atas menjadikan beliau aktif dalam kajian hadis  dan hal ini juga dibuktikan beragaam karya ilmiah yang ditulis beliau.

Pria kelahiran 47 tahun yang lalu tersebut ini merupakan ahli hadis dari UIN Alauddin Makassar. Beliau menulis beragam karya ilmiah di bidang hadis. Adapun tulisannya antara lain cara mudah memahami hadis, hadis dan pengaruhnya terhadap perbedaan di kalangan ulama hadis, poligami dalam perspektif hadis, inkar sunnah dalam persopektif historis dan modernitas dalam risalah Nabi Muhammad saw. Dengan demikian, sosok beliau dalam bagian pejuang hadis sbeagaimana Imam al-Syaf’I adalah bagian dari ijtihad keseluruhan hidupnya.

Allah swt. memanggil beliau  begitu cepatnya. Tidak terasa sejak kepengurusan Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia (ASILHA) dibentuk di UIN Alauddin Makassar tahun 2017 silam. Selamat jalan kawan, dedikasimu dalam pendidikan dan pengabdian menjadi amal yang baik untuk kehidiupan yang baru. Allah swt. memberkahi dan memberikan kemuliaan menjadi ahli surge dan berada di sisi Rasulullah saw. Amin.

 

191 total views, 1 views today

Posted in Berita.

One Comment

  1. Keluarga besar Prodi Ilmu Hadis IAIN Kudus ikut berbela sungkawa atas wafatnya Dr.H.Burhanuddin Darwis, lc, M.Ag, sekretaris ASILHA semoga husnul khotimah diterima semua amalnya dan diampuni segala khilafnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *