Mengenal biografi perawi hadis Imam Ibnu Majah dalam pengenalan hadis pada Anak Usia Dini

Dera Puspawati
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

20204031016@student.uin-suka.ac.id

Terdapat beberapa ulama yang terkenal dalam meriwayatkan hadis dalam menyampaikan pesan-pesan dari Rasulullah saw salah satunya ialah Imam Ibnu Majah. Nama lengkapnya Abdullah Muhammad bin Yazid bin Majah ar-Rabi’i Al-Qazwini. beliau akrab dipanggil Ibnu Majah.

Ibnu Majah memiliki akhlak yang baik dan sangat terkenal dalam hal kejujurannya, beliau dilahirkan di Qazwin, Irak pada 209 H/824 M. Panggilan Ibnu Majah yang diberikan diberikan pleh ayah beliau, nama ayah Ibuu Majah adalah Yazid, nama panjang ayahnya adalah Majah Maula Rab’at. Beliau adalah seorang ulama hadis serta merupakan orang alim ulama. beliau bnayak menghasilkan suatu karya yang bagus serta menarik, salah satu karya beliau adalah Kitabus Sunan, Tafsir dan Tarikh Ibnu Majah.

Beliau memulai untuk menimba ilmu pada usia remaja. Dan beliau mendalami ilmu hadis saat berusia umur 15 tahun, beliau belar ilmu hadis dengan seorang guru terkenal pada masa itu, guru beliau bernama Ali bin Muhammad At-Tanafasi. Ibnu Majah memperdalam ilmu hadis menjadi suatu bidnag ilu yang disenanginya.

Ibnu Majah membuat suatu keputusan untuk mencari beberapa wilayahserta negera untuk mencari serta menggumpulkan dan menulis hadis. Banyak daerah dan Negara yang beliau kunjungi, diantara nya Rayy (Teheran), Bashrah, Kufah, Baghdad, Khurasan, Suriah, dan Mesir dan masih banyak lagi.

Dalam hal tersebut Ibnu Majah banyak mengumpulkan dan menulis banyak hadis dari beberapa sumber, sumber sersebut dapat dipercayai dalam kebenarannya. Bukan haya dalam hal saja dalam dalam kehidupan beliau nbanyak mengunjungi bebrapa tempat untuk menambah pengetahuan dan wawasan, Ibnu Majah belajar dengan beberapa guru yang terkenal. Seperti kepada Abu Bakar bin Abi Syaibah, Muhammad bin Abdullah bin Numayr, Hisyam bin Ammar, Ahmad bin Al-Azhar, Basyar bin Adam, dan para pengikut perawi dan ahli hadits, Imam Malik serta Al-Lays.

Dalam kehidupannya Ibnu Majah telah banyak menulis dan menghasilkan karya, di dalam bidang hadis, fikih, serta tafsir. Ibnu Majah telah meriwayatkan lebih kurang 4.000 buah hadits.

Dalam hadis yang ditulis Ibnu Majah berisi hadis yang shahih, hasan, dhaif bahkan maudhu’. Dalam ketekunan beliau di bidang ilmuIslam khususnya padapengetahuan tentang hadis, dari beberapa ulama sangat merasa kagum terhadap Ibnu Majah. Ibnu Majah merupakan seorang yang dipercayai memiliki jiwa besar, yang mana tentang kejujurannya, beliau memiliki ilmu yang luas dalam bidang ilmu pengetahuan serta dalam bidnag ilmu hadis.

Beliau disebut sebagai ilmuan hadis-hadis masyhur. Karya nya itu menjadi sebagai bukti atas amalan dan ilmu yang dimilikinya, serta memiliki keluasan pengetahuan, dala hal ini memberikan pengenalan hadis bagi anak usia dini dapat kita berikan pengalaman bahwa dalam mengenalkan ilmu hadis kepada anak usia dini harus terus menerus dilakukan serta di praktikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tingkah laku yang di harapkan pada usia dini dapat tercapai serta dapat mengenal ilmu hadis.

Setelah banyak menghasilkan tentang pemikiran islam, beliau meninggal dunia pada tanggal 22 Ramadhan 273 H/887 M. Beliau dimakamkan di tanah kelahirannya, Qazwin, Irak. Banyak karya yang telah dihasilkan beliau terutama dalam Kitab Sunan Ibnu Majah.

Pada usia anak usia dini anak memiliki daya ingat yang kuat sehingga jika ingin menyenalkan ilmu hadis pada anak sangatlah cocok, dalam pengenalan secara sederhana saja terlebih dahulu sehingga anak merasa dekat dan tidak merasa asing dengan ilmu hadis, anak memiliki daya keingin tahuan yang kuat sehingga anak sering bertanya dalam hal apapun itu, hal ini membuat kita semakin mudah untuk mengenalkan hadis pada anak, terlebih dari sejarah-sejarah para perawi hadis yang membuat anak bisa mengambil pelajaran serta contoh tauladan dari hadis tersebut.

Dari awal biografi perawi hadis Imam Ibnu Majah sampai dengan pentingnya pengenalan hadis bagi anak usia dini dapat menjadi sarana untuk belajar ilmu hadis yang membang masih sangat awam di kalangan anak-anak, khususnya untuk anak usia dini.

 43,825 total views,  48 views today

Posted in Kajian.