Cara Praktis Membaca Al-Qur’an Dimana Saja Menggunakan Software Ayat Al-Qur’an

Nila Nailatul Amaniatun Nafi’ah

19105030016@uin-suka.ac.id

UIN SunanKalijaga Yogyakarta

 

Al-Qur’an merupakan salah satu mukjizat terbesaar yang diturunkan melalui perantara Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad saw. Yang apabila jika kita membacanya akan bernilai pahala. Adapun pahala yang bisa kita dapatkan ketika membaca Al-Qur’an ialah setiap 1 hurufnya bernilai 10 pahala, limpahan pahala sampai 700 kali lipat, mendapatkan syafaat dihari kiamat, dapat mengangkat derajat orang tua diakhirat, diibaratkan seperti buah utrujjah, dicintai Allah dan Rasul-Nya, bercahaya dilangit dan masih banyak lagi pahala yang kita dapat dengan membaca Al-Qur’an.

 

Pada masa Nabi Muhammad saw., Al-Qur’an masih diriwayatkan melalui lisan, belum sampai pada tahap dibukukan. Kemudian, setelah Rasulullah saw. wafat. Abu Bakar Ash-Sidiq yang merupakan ayah mertua Nabi Muhammad saw. Sekaligus khalifah pertama umat Islam, mulai berinisiatif untuk mengumpulkan tulisan-tulisan ayat Al-Qur’an yang pada Saat itu masih berceceran dimana-mana. Dan pada zamannya Khalifah Utsman bin Affan, Al-Qur’an sudah mulai dibukukan. Seiring berjalannya waktu, perkembangan Al-Qur’an sudah sangat beragam variasi. Dari mulai al-Qur’an perjuz, 5 juz, 15 juz dan bahkan telah hadir Al-Qur’an for women yang disertai dengan kain pembungkus nan cantik ,dan tak lupa pula diselipkan pin motivasi.

 

Terlebih lagi dizaman yang memanjakan manusia dengan kemudahan berupa teknologi, sekarang telah hadir salah satu jenis software yakni aplikasi ayat Al-Qur’an digital. Aplikasi ayat Al-Qur’an ini adalah salah satu rancangan terbesar  dari King Saud University. Yang mana King Saud University adalah salah satu Universitas terbesar di Arab Saudi. rancangan King Saud University adalah membuat software Al-Qur’an yang mempunyai  tujuh macam bahasa Al-Qur’an, terjemahan suara 3 bahasa, catatan kaki terjemah makna Al-Qur’an yang berisi dua puluh macam bahasa  didunia, ada enam tafsiran, tilawah Al-Qur’an oleh para Qori’ yang ternama dan hebat-hebat seperti  Musyari Rasyid, Munsyawi, Ghamidi, Mathrud dan tilawah ini juga dapat didengarkan berulang-ulang kali supaya anak-anak dan para penghafal Al-Quran lebih mudah menghafalkan Al-Qur’an.

Software Al-Qur’an digital ini dirancang oleh orang-orang profesional dengan sangat teliti agar memperoleh hasil yang diinginkan  para penikmat software ayat Al-Qur’an digital. Pembuatan software Ayat Al-Qur’an ini didanai secara langsung oleh King Saud University.

 

Software ayat Al-Qur’an ini sengaja dirancang untuk mempermudah dan membantu kita  membaca atau menghafal Al-Qur’an dimana saja, kecuali ditempat-tempat terlarang contohnya kamar mandi. Selain dirancang untuk membantu kita dalam membaca atau menghafal, software ini  menyuguhkan fitur-fitur yang sangat mudah untuk mempelajari dan menghafal Al-Qur’an.softwareinidiberinama “Aplikasi Ayat”. Aplikasi ini juga ternyata multi-platform yang tidak hanya bisa digunakan melalui smartphone, tetapi bisa juga digunakan melalui komputer yang menggunakan sistem operasi  Windows, Mac, ataupun Linux. Dengan menginstallnya kita dapat menggunakannya melalui komputer pribadi tanpa perlu terkoneksi dengan internet.

 

Dalam aplikasi ayat Al-Qur’an terdapat fitur utama yaitu voice/suara/recitation, terjemahan, tafsiran ,bookmark, serta berbagai fitur lain yang dirancang sesuai kebutuhan para pengguna. Seperti :

  1. Pengulangan, fitur ini berfungsi untuk mengulang-ngulang suatu bacaan yang diinginkan para pengguna.
  2. pilihan memilih Qori’, fitur ini berfungsi untuk memilih Qori’ yang diinginkan para pengguna. Dalam aplikasi Ayat Al-Qur’an King Saud university ini pilihan Qori’ nya sangat banyak dan bisa dilakukan ketika jaringan internet sedang lambat.
  3. Fitur putar digital, fitur ini berfungsi sebagai alat bantu ketika belajar dikelas, muraja’ah, dll.
  4. Fitur memilih model mushaf, fitur ini berfungsi untuk mengubah tampilan mushaf sesuai yang diinginkan para pengguna.
  5. Fitur bentuk tampilan hafalan, fitur ini berfungsi untuk mempermudah dalam menghafal atau mengingat ayat Al-Qur’an. karena, dalam fitur ini hanya terdapat  1 ayat saja.
  6. fitur tafsir, dalam fitur ini terdapat banyak bahasa dan beberapa tafsiran yang terkenal.
  7. fitur pilihan surat, halaman, ayat dan juz, fitur ini sangat membantu kita untuk memilih antara surat, halaman, ayat dan juz supaya tidak membingungkan.
  8. Fitur terjemahan, fitur ini berfungsi untuk mendalami isi yang terkandung dalam ayat Al-Qur’an dengan bahasa yang bermacam-macam.
  9. Fitur download/ murottal, fitur ini berfungsi untuk mendengarkan murattal. Tetapi, dalam menggunakan fitur ini, kita harus menginstallnya terlebih dahulu, agar kita bisa mendengarkan murottal yang belum pernah didengarkan sebelumnya.

 

9 Fitur diatas merupakan fitur-fitur  yang  ada di dalam aplikasi ayat Al-Qur’an yang dapat mempermudah kita untuk membaca Al-Qur’an ketika sedang dalam perjalanan atau lain-lain. Kemudahan demi kemudahan yang hadir ditengah kehidupan manusia tentu ada nilai tambah maupun kurangnya. Namun sejauh ini keberadaan aplikasi Ayat Al-Qur’an sangat dibutuhkan pada zaman saat ini, diluar pembahasan yang mengungkapkan bahwa aplikasi-aplikasi  yang sejenis malah memudarkan kesakralan Al-Qur’an itu sendiri. Namun perlu kita ingat, semua kembali pada diri individu masing-masing bagaimana esensi Al-Qur’an sebenarnya bagi diri kita sendiri.

 1,652 total views,  2 views today

Posted in Kajian.