Mudah Belajar Hadis dengan Ensiklopedia Hadis 9 Imam

Haiat Haffaf T.G.H.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

19105030045@student.uin-suka.ac.id

 

Umat Islam sebagai umat nabi Muhammad saw. dalam kesehariannya tentu akan sering berhubungan dengan yang namanya hadis. Hadis merupakan segala sesuatu yang berasal dari Nabi Muhammad saw. baik berupa perkataan, perbuatan, ketetapan dan persetujuan. Hadis menjadi bagian terpenting dari umat Islam karena menjadi sumber hukum kedua setelah Al-qur’an. Salah satu fungsi penting hadis diantaranya  adalah sebagai  penjelas ayat-ayat yang bersifat mujmal dalam Al-qur’an.  Ketika di ayat Al-Qur’an terdapat suatu hukum yang sifatnya masih yang global, maka disitu hadis berperan sebagai pemberi penjelasan.

Melihat betapa pentingnya hadis bagi umat Islam, maka banyak sekali kitab-kitab hadis yang dapat kita temui di sekitar kita. Kitab hadis yang masyhur di kalangan  pesantren atau di kalangan para cendekiawan dan peneliti adalah kitab sembilan  imam hadis atau yang biasa kita sebut kutubut tis’ah, yaitu kitab Shahih Bukhori, Shahih Muslim, Sunan Tirmidzi, Sunan Abu Daud, Sunan Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Muwatha’ Malik, dan sunan Darimi. Dalam kitab-kitab tersebut tentunya banyak sekali hadis-hadis yang termuat, mungkin jumlahnya sampai puluhan ribu. Dari banyaknya kitab-kitab hadis  yang berjilid-jilid, jarang sekali orang yang memilikinya secara lengkap, padahal kitab tersebut sangat dibutuhkan umat Islam. Maka dari itu dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, terciptalah sebuah aplikasi yang bernama Ensiklopedia Hadis 9 Imam yang dikembangkan oleh Lidwa Pusaka bersama Saltanera teknologi.

Aplikasi Ensiklopedia Hadis 9 Imam adalah sebuah kitab hadis digital yang didalamnya memuat kutubut tis’ah dan dan  dilengkapi terjemahan bahasa Indonesia serta fitur-fitur untuk menganalisis hadis. Aplikasi ini sangat memudahkan umat Islam dalam belajar hadis, memudahkan para peneliti dalam melengkapi kajiannya tentang hadis, dan masih bnayak manfaat lainnya.  Biaya yang digunakan untuk mengakses aplikasi ini tentunya lebih murah dibandingkan jika harus membeli kitab kutubut tis’ah yang berjilid-jilid. Selain itu akan lebih mempermudah jika kita sedang membutuhkan mengakses hadis dimanapun tempat dan kapapun  waktunya.

Pada awal diciptakannya aplikasi ini, pihak Lidwa pustaka membuat aplikasi ini hanya dapat diakses melalui CD. Kemudian seiring dengan berkembangnya teknologi dan semakin besarnya kebutuhan masyarkat akan pengetahuan hadis, makn pihak Lidwa Pustaka menyedikan dalam versi online baik yang gratis atauapun yang berbayar. Aplikasi Ensiklopedia Hadis 9 Imam ini dapat diakses melalui http://lidwa.com/app.

Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi Ensiklopedai Hadis 9 Imam ini sangat banyak. Melalui aplikasi ini kita dapat mengakses hadis-hadis yang ada dalam kutubut tis’ah yang jumlahnya mencapai 62000 hadis. Hadis-hadis tersebut dapat kita akses dalam teks berbahasa Arab ataupun terjemahan bahasa Indonesia. Adanya terjemahan dalam bahasa Indonesia sangatlah membantu bagi para pemula atau orang awam yang ingin belajar hadis. Hasil pencarian hadis serta terjemahannya juga dapat disalin dan dibagikan sehingga bermafaat untuk yang orang lain.

Fitur aplikasi Ensiklopedia Hadis 9 Imam diantarnya  menu  untuk mencari keshahihan sebuah hadis,  menu untuk mencari kerterkaitan sebuah hadis yang kita baca  dengan yang hadis yang lainnya, menu indeks hadis untuk mencari pengelompokan hadis secara tematik, menu  untuk menampilkan klasifikasi hadis, dan menu untuk menampilkan jalur sanad. Terdapat juga dalam aplikasi ini informasi detail mengenai perawi atau periwayat hadis dari segi kredibilitas seorang perawi dan jumlah periwayatan hadis dari seorang perawi. Disediakan juga menu untuk mengatur jenis dan font huruf Arab dan latin dalam aplikasi ini.

Sebuah aplikasi yang diciptakan oleh tangan manusia tentunya tak luput dari namnaya keunggulan dan kekurangan. Aplikasi ini memiliki  banyak sekali keunggulan. Dengan adanya apliaksi ini kutubut tis’ah dapat diakses oleh siapapun melalui perangkat desktop offline, situs online ataupun melalui smartphone. Fasilitas atau fitir-fitur dalam apliaksi ini juga sudah cukup lengkap sebagamaina yang telah dijelakan sebelumnya. Tampilan dari apliaksi ini sangat sederhana sehingga memudahkan dalam penggunannya. Aplikasi ini layak menjadi rujukan umat Islam karena berasal dari sumber-sumber yang terpercaya.

Adapun kekurangan dari aplikasi Ensiklopedia Hadis 9 Imam diantarnya ialah harga untuk versi dekstop sebesar tiga ratus sembilan puluh ribu dianggap masih mahal untuk kalangan pelajar. Belum adanya buku petunjuk penggunaan software ini juga mempersulit bagi orang yang kemampuan mengakses literasi digitalnya masih kurang walaupun aplikasi ini dinilai tampilannya sederhana. . Dalam aplikasi ini juga ada kekurangan dalam mencantumkan biografi sanad hadis dan belum adanya penjelasan mengenai asbabul wurud dari suatu hadis.

Secara umum, aplikasi ini sudah sangat bagus dan lengkap dan sangat membantu sekali bagi  seseorang yang ingin belajar hadis. Diharapkan dengan adanya apliaksi ini  semangat atau ghirah umat Islam untuk mempelajari agama Islam semakin tinggi.  Tidak hanya belajar dari sumber utama Al-qur’an melainkan juga dari sumber penunjang lainnya yang sangat penting yaitu hadis. Semoga kita senantiasa diberikan keistiqomahan untuk terus belajar dan mengamalkan ajaran Islam hingga tiba waktunya ajal menjemput.

 7,758 total views,  8 views today

Posted in Kajian.