Mengenali beberapa macam Software Al-Qur’an dan Hadits dengan mudah

Ahmad Samiya Balya

19105030070@student.uin-suka.ac.id

Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta

 

 

Era globalisasi seperti sekarang ini merupakan zaman dimana peradaban dunia menjadi maju dan modern. Hal ini dipengaruhi dengan berkembangnya cara berfikir masyarakat dunia yang semakin maju, kreatif, dan kritis. Dan tentunya tidak terlepas dari ilmu-ilmu yang mereka pelajari. Dengan ilmu yang mereka dapatkan, kemudian dikembangkan dan menghasilkan suatu barang ciptaan baru yang berguna atau barang ciptaan yang lebih canggih dari sebelumnya. Barang ciptaan tersebut merupakan sebuah teknologi informasi dan multimedia dengan menggunakan alat yang canggih dan serba otomatis. Berbeda dengan alat tradisional yang selalu menggunakannya dengan cara manual.

 

Perkembangan Teknologi Informasi dan Multimedia juga menciptakan jaringan internet untuk memudahkan para penggunanya dalam mengakses sesuatu informasi yang notabene saling berjauhan dari jangkauan yang dituju satu sama lain. Karena jaringan internet ini terhubung oleh satelit yang telah dipasang di luar angkasa. Alat digital seperti Komputer atau Laptop, Smartphone, dan Tablet lah yang menjadi media yang Kemudian di dalamnya dibentuk wadah berupa Software atau Aplikasi. Software tersebut berfungsi untuk memudahkan penggunanya dalam mencari atau mendapatkan informasi. Ada juga Software yang berfungsi untuk hiburan seperti Game dan Film. Dan yang pasti, bisa didapatkan atau dugunakan dengan adanya jaringan internet yang memadai.

 

Terdapat berbagai macam Software yang ada pada Komputer dan Handphone. Salah satunya adalah Software yang digunakan untuk kepentingan pendidikan. Dengan cara ini, bisa menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan mudah difahami bagi pengguna atau pelajar dalam mendapatkan ilmu maupun informasi. Pada artikel ini, penulis akan mengenalkan beberapa software Al-Qur’an dan Hadits yang sering digunakan para mahasiswa atau kalangan pelajar muslim.

 

Software Al-Qur’an android lengkap 30 Juz. Software ini bisa didapatkan dengan cara mendownload pada aplikasi bawaan pabrik Handphone android. Mushaf yang tertera di aplikasi ini merupakan mushaf Rasm ‘Utsmani. Terdapat juga fitur Murottal Mp3 dengan pilihan Imam timur tengah terkenal yang bisa di download pada setiap Surat dan Juznya. Software ini sangat disarankan untuk digunakan bagi mahasiswa atau pelajar yang sedang dalam pembelajaran di kelas apalagi dalam pembelajaran online. Software serupa, juga bisa didapatkan pada komputer. Dan tentunya ada banyak lagi fitur penting yang sangat bermanfaat untuk keperluan pembelajaran.

 

Fitur lain dalam software Al-Qur’an yaitu dengan adanya terjemahan per-ayat dan per-kata. Ada juga penafsiran dalam setiap ayatnya dengan referensi dari tafsiran Mufassir terkemuka. Software Al-Qur’an yang berisi tentang pengkajian penafsiran Al-Qur’an lebih dalam adalah Software Mausu’ah At-Tafsir wa ulumul Qur’an. Di software ini terdiri dari 16 referensi kitab, diantaranya 12 kitab tafsir, 4 kitab Ulumul Qur’an.

 

Selanjutnya adalah software yang berkaitan dengan Hadits, yaitu software Maktabah Syamilah. Software ini hanya ada di windows atau komputer dan sudah cukup lengkap untuk mencari berbagai referensi hadits. Karena jumlah kitab di dalamnya pun ribuan, maka pantas jika penyimpanannya pun juga sangat besar. Maka dari pada itu, dari kalangan pelajar, pengajar pesantren, maupun mahasiswa kebanyakan menggunakan software tersebut.

 

Software hadits lain ada juga yang membuatnya lebih rinci yaitu dengan software Ensiklopedi Hadits 9 Imam. Software ini terdiri dari 9 imam dengan berbagai kitab karangannya. Yaitu imam Bukhari, imam Muslim, imam Tirmidhi, imam Nasa’i, imam Abu Dawud, imam Ibn Majah, imam Ahmad bin Hanbal, imam Malik dan imam Darimi. Software ini dikembangkan oleh Harf, sebuah instansi pengembangan program di kairo, Mesir.

 

Software lain yang berkaitan dengan hadits yaitu tentang bagaimana cara menentukan hadits asli maupun palsu. Software tersebut adalah Jawami’ Al-Kalim. Software ini sangat memudahkan bagi para penggunanya dalam menentukan mana hadits yang Shohih dan dan hadits yang Dho’if. Karena terdapat banyak sekali kumpulan hadits dan juga mengetahui kedudukannya. Software ini terdiri dari 1400 buku rujukan dan 543 manuskrip. Serta memuat kitab Rijal Al-Hadis yang berjumlah 70.000 biografi periwayat hadits. Dan masih banyak lagi software yang berkaitan dengan pembahasan Al-Qur’an dan Hadits.

 4,316 total views,  6 views today

Posted in Kajian.