Aplikasi Mausuah Al-Hadis Al-Syarif Islamweb., Perpustakaan Hadis Dalam Smartphone

Riska Rizqiani

UIN Sunan Kalijaga

19105030050@student.uin-suka.ac.id

Gejolak evolusi industri di dunia memengaruhi banyak aspek kehidupan manusia, apalagi di Indonesia yang notabene nya merupakan negara berkembang. Salah satu gejolak industri yang semakin pesat adalah industri teknologi yang kini membuat banyak hal menjadi mungkin dan lebih mudah dengan maraknya teknologi digital. Maka tidaklah heran bahwa saat ini, Indonesia dikatakan sedang dalam proses digitalisasi ara modern 4.0.

Saat ini, hampir semua orang memiliki alat teknologi informasi seperti smartphone, gawai, laptop, komputer, dan lain sebagainya. Alat-alat tersebut memiliki banyak manfaat apabila digunakan dengan sebaik mungkin, khususnya manfaat dalam bidang pengetahuan. Sehingga sekarang sangat banyak kita temukan orang-orang dengan pengetahuan dan wawasan yang luas meski hanya mengenyam satu bidang pendidikan yang khusus.

Kemajuan teknologi berdampak besar, terutama dalam bidang informasi. Bahkan hanya dengan satu sentuhan, kita sudah bisa menjelajah lautan informasi selama kita terhubung dengan internet. Bahkan, hal tersebut juga berlaku ketika kita ingin mencari tau mengenai identitas dan kualitas sebuah hadis, cukup tulis kata kunci hadisnya, maka kita akan dapat menemukan segala hal tentang hadis tersebut.

Apabila anda memiliki smartphone, anda tentu tidak asing lagi dengan software/aplikasi. Bahkan mungkin, ada lebih dari sepuluh aplikasi di smartphone anda. Nah, sekarang sudah tersedia berbagai macam software/aplikasi hadis untuk mempermudah anda dalam mengkaji dan meneliti segala hal tentang hadis. Salah satunya adalah Mausu’ah Al-Hadis Al-Syarif yang selanjutnya ditulis dengan Mausuah Al-Hadis Al-Syarif.

Mausuah Al-Hadis Al-Syarif adalah software/aplikasi bidang hadis berbasis smartphone yang baru saja dirilis pada 21 Februari tahun 2016 oleh Islamweb.net setelah sebelumnya, Islamweb.net telah lebih dulu merilis software yang sama, namun berbasis komputer.

Islamweb.net sendiri merupakan sebuah situs website dakwah Islam yang menganut paham Ahlu al-Sunnah Wa al-Jama’ah dibawah naungan Kementerian Wakaf dan Urusan Islam yang berpusat di Qatar yang dirilis sejak tahun 1998. Dalam perjalanannya, situs ini mulai merilis dan mengembangkan berbagai macam software yang dapat diakses oleh semua elemen masyarakat dan masih aktif hingga sekarang.

Untuk dapat mengoperasikan aplikasi Mausuah ini, anda harus menginstall/mengunduhnya terlebih dahulu di smartphone anda. Anda dapat mengunduhnya melalui aplikasi Play Store atau Apps Store dengan memakai kata kunci Mausuah al Hadis – Islamweb di kolom pencarian. Saat ini, aplikasi Mausuah yang tersedia merupakan versi 10.0 yang diupdate pada 29 Agustus 2016.

Aplikasi ini hanya berukuran 37,39 MB sehingga tidak memakan waktu lama untu mengunduhnya serta tidak membebani RAM smartphone anda. Namun, kecepatan proses mengunduh aplikasi tentu saja bergantung pada kualitas koneksi internet anda. Unduhlah dalam keadaan koneksi internet yang bagus agar tidak memakan banyak waktu.

Setelah anda selesai menginstalnya, buka aplikasi Mausuah sehingga muncul halaman awal (Home) dan fitur-fitur yang berisi program- program didalamnya yang berkaitan dengan Mausuah al-Hadis.

Apabila anda ingin mencari hadis, klik ikon menu yang terdapat di pojok atas sebelah kiri layar smartphone anda. Maka akan muncul 9 kitab hadis (kutub at-tis’ah) yang ada dalam aplikasi Mausuah. Kemudian, pilihlah salah satu diantara 9 kitab tersebut yang ingin anda cari atau anda bahas. Misalnya, anda ingin mencari hadis dari kitab Shahih Muslim, maka pilihlah kitab urutan kedua dari atas.

Setelah itu, akan muncul tampilan bab-bab dari kitab Shahih Muslim sesuai sistematika susunan dalam kitab tersebut. Pilihlah salah satu bab yang ingin anda bahas. Apabila bab yang anda pilih masih memiliki sub-sub bab lagi, maka layar masih akan menampilkan sub-sub bab dari bab yang anda pilih tadi. Namun, tidak semua bab memiliki sub-bab lagi. Jadi, tidak perlu bingung apabila ketika anda memilih suatu bab dan langsung menampilkan kumpulan hadis, itu berarti bab yang anda pilih tidak memiliki sub-bab lagi.

Setelah itu. pilih lagi bab/sub-bab yang anda inginkan, maka akan tampil kumpulan hadis yang ada dalam bab/sub-bab yang anda pilih tadi. Anda bisa menggulirnya kebawah untuk melihat lebih banyak lagi. Selamat mencoba. (

Setiap software/aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan aplikasi Mausuah al-Hadis Islamweb.net ini. Terdapat beberapa kelebihan dan keunikan dalam aplikasi ini, diantaranya adalah; a). Merujuk kepada eembilan kitab hadis atau yang dikenal dengan kutub at-tis’ah, b). Memudahkan pencarian hadis, khususnya hadis berkualitas shahih, c). Menyediakan sub tema yang sesuai dengan hadis yang dicari serta dilengkapi dengan syarah dari beberapa kitab, seperti Fath al-Bari, Tuhfah al-Ahwadzi, dan lain lain, d). Dilengkapi dengan kulitas perawi hadis yang meriwayatkan hadis tersebut sehingga dapat ditelusuri ilmu jarh wa at-ta’dil nya, d). Dapat menyimpan atau menandai halaman, dan lain sebagainya.

Namun, dibalik berbagai kelebihan tersebut, aplikasi ini tentu saja masih memiliki beberapa kekurangan, yaiitu; a). Harus terhubung ke internet agar dapat digunakan dengan maksimal, b). Fitur takhrij hadis tidak muncul dalam keadaan offline, c). Belum menyediakan bahasa selain bahasa Arab, sehingga cukup menyulitkan bagi orang yang belum memahami kosakata bahasa Arab.

Meski demikian, pihak developer atau pengelola aplikasi ini terus berupaya untuk memperbarui dan meningkatkan fitur-fitur yang ada. Oleh karena itu, barbagai macam kekurangan dan kelebihan yang tercantum diatas tentu akan berbeda dengan aplikasi Mausu’ah Al-Hadis Al-Syarif versi terbaru.

 15,104 total views,  18 views today

Posted in Kajian.