Puasa Ramadhan 1441 H. di Masa Covid-19

Selamat datang bulan Ramadhan

Bulan Raamadhan adalah bulan yang dinanti-nantikan kehadirannya. Hal tersebut menjadi kegembiraan atas orang yang beriman. Mereka ini menjalankan ibadah puasa selama sebulan lamanya.

Banyaknya keistimewaan bulan Ramadhan menjadikan bulan ini selalu disambut gembira. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa yang pahalanya tidak disebutkan secara langsung nominalnya. Berbeda dengan shalat jama’ah akan menjadi lebih 27 kali lipat dengan shalat sendiri. Atau melalui infak yang dengan tulus akan memberikan 700 kali lipat dari nominal yang diinfakkan.

Puasa Ramadhan adalah puasa individual yang tahu baik tidaknya hanya Allah swt. Hal tersebut tersebut dalam hasis qudsi. Sehingga puasa antara satu individu dengan yang lain dapat berbeda. Setidaknya, puasa itu mampu menahan hal yang membatalkan seperto makan minum dan hubungan suami isteri di siang hari. Namun apakah hanya itu saja tentunya tidak.

Setiap penjagaan atas syari’at puasa hanyalah pemahaman keagamaan yang sederhana dan perlu ditingkatkan kepada kualitas puasa itu sediri. Setidaknya, puasa harus disertai dengan berbuat dan berkata yang baik. Hal tersebut tidak heran jika Rasulullah saw. mengatakan bahwa banyak orang puasa yang hanya dapat lapae dan dahaga.

Atas dasar itulah, peningkatan kualitas puasa harus ditingkatkan. Puasa tidak hanya berpindahnya makan di malam hari saja melainkan meningkatnya kualitas ibadah dalam keseharian dan selanjutnya taqwanya meningkat secara signifikan.

Seiring dengan Covid-19 dengan dilakukan ibadah dan bekerja di rumah sebagai bagian dari jaga jarak dan berinteraksi dengan yang lain. Puasa Ramadhan akan menjadi lebih khusuk ceremonial tidak akan banyak dilakukan. Sehingga dalam Ramadhan ini pula kualitas ketaqwaan akan meningkat dan kegiatan selalu bersama keluarga sehingga mampu mengantarkan kebersamaan dalam keluarga menuju kebagiaan sejati.

Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan. Semua amal ibadah diterima Alalh swt. dan Allah swt. segera mencabut pandemi Covid-19 sehingga kenyamanan kehidupan di luar rumah dapat dimulai lagi.

486 total views, 3 views today

Posted in Kolom Ketua ASILHA.