Menelisik Hadis Via Almausuah Alhadisiyah Cukup dengan Android

Izatul Muhidah Maulidiyah
UIN SUNAN KALIJAGA
19105030038@student.uin-suka.ac.id

 

Perkembangan teknologi yang ada pada masa kini berpengaruh terhadap pola pikir generasi yang ada pada masa kini pula. Hal demikian dikarenakan beralihnya semua urusan ke dalam dunia digital dan hampir  semua kalangan mampu mengakses  teknologi dengan mudah, serta memanfaatkannya. Termasuk Kalangan akademisi.

Akhir-akhir ini bagi kalangan pelajar pasti tidak asing lagi dengan dunia digital, apalagi selama masa wabah covid-19 ini, semua pembelajaran dialihkan secara daring. Dunia digital telah memfasilitasi berbagai macam kebutuhan guna mencari sumber pembelajaran, misalnya e-book, portal, hingga munculnya aplikasi yang relefan dan efektif untuk dimanfaatkan. Hal demikian membuat para generasi pemikir kreatif akan berfikir untuk membuat inovasi-inovasi perkembangan agar semakin mudah digunakan, bukan hanya akan menikmati fasilitas yang ada. Karena itu perkembangan teknlogi akan semakin mudah, dan semakin sederhana untuk diakses. Misalnya munculnya aplikasi almausuah alhadisiyah. Yang mana dulu hanya bisa diakses dengan computer/pc kini telah ada aplikasi yang bisa digunakan pada gawai yang umum digunakan, system Android.

Cara penginstalan aplikasi almausuah alhadisiyah layaknya menginstal aplikasi lain di android, cukup dengan kunjungi playstore/ app market kemudian ketik almausuah alhadisiyah dan download. Sebelum mendownload maka akan disajikan berbagai rating dari para pengguna        sebelumnya. Pada saat ini aplikasi ini mencapai rating 4,8 bintang. Hal demikian mampu menyimpulkan pendapat bahwa aplikasi tersebut  hampir mencapai kata sempurna, karena rating tertinggi adalah dengan mencapai 5 bintang. Rating aplikasi dapat kita temui pada info detail aplikasi dibagian bawah.

Aplikasi takhrij alhadis, almausuah alhadisiyah  ditawarkan oleh dorar net almausuah alhadisiyah. Aplikasi tersebut menggunakan fitur berbahsa arab, karena itu maka pengguna setidaknya memahami Bahasa arab tentang fitur yang ada. telah dirilis pada tahun 2012, tepatnya pada tanggal 14 Desember Aplikasi tersebut sebagaimana aplikasi lainnya, aplikasi tersebut telah diperbarui (diupdate) beberapa kali, yang terakhir pada 07 Juni 2019. Hingga saat ini aplikasi tersebut ada pada versi 3.5.0. Aplikasi ini membutuhkan ruang yang lumayan besar, sekitar 53,44 MB. Jadi lumayan memakan ruang system android yang ada. Mengenai pengguna aplikasi yang terdeteksi dari pendownload, telah mencapai 1 juta lebih pendownload.

Karena fitur yang disediakan berbahasa arab, maka pengguna wajib faham akan fitur yang ada. Berikut sedikit info fitur serta kegunaannya :

fitur disamping sangat familiar, yakni fitur pencarian. Ketika kpengguna hendak menelisik/ mentakhrij hadis, maka pengguna akan memasukkan teks hadis pada fitur ini.

fitur pengaturan.

pada bagian bawah fitur ini terdapat tulisan “al-bukhori wa muslim” dengan demikian dapat menjadi petunjuk bahwa dapat fitur ini terdapat hadis-hadis yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim, yakni hadis shahih. Dalam fitur ini ada 2 bagian, bagian kanan dan kiri, yang mana bagian kanan adalah hadis shahih bukhori, dan sebelah kiri shahih Muslim.

pada bagian bawah simbol fitur ini terdapat tulisan “ahadis muntasyiroh la tashihhu” jika diklik maka terdapat hadis-hadis yang populer namun tidak shahih.

sebagaimana fitur yang lain, fitur di samping memiliki tulisan pada bagian bawahnya, dengan tulisan “al-mufadholah” dengan demikian dapat difahami bahwa fitur ini berisi hadis yang membahas tentang keutamaan.

penjelasan fiur selanjutnya, terdapat fitur dengan tanda seru, disertai tulisan pada bagain bawah “ ‘an al-tathbiq” berarti fitur ini menunjukkan info dari aplikasi almausuah alhadisiyah.

bagi para pengguna media digital, pasti tidak asing lagi dengan fitur ini. Fitur ini terletak pada bagian kanan pojok atas aplikasi almausuah alhadisiyah. Kegunaan fitur ini untuk menampilkan fitur lain yang tidak ditampilkan pada layar beranda aplikasi.

Fitur lain yang belum tampak pada bagian beranda diantaranya:

dalam fitur ini terdapat sedikit biografi para ahli hadis.

berisi kitab beserta info dari kitab yang ada.

terdapat pula info yang telah dikeluarkan oleh daror.

Serta terdapat fitur petunjuk penggunaan aplikasi almausuah alhadisiyah dengan nama fitur dalil almustakhdim  yang bersimbol (( ))

 

Mengenai penggunaan aplikasi almausuah alhadisiyah bisa dibilang sangat sederhana. Cukup dengan memasukkan redaksi hadis baik sebagian redaksi ataupun keseluruhan yang akan ditelisik (takhrij) pada kolom pencarian. Kemudian ketik ikon pencarian maka kan muncul hadis-hadis yang serupa dengan yang kita cari. Masing-masing akan memberi info perawi, ahli hadis, sumber hadis, halaman kitab rujukan, tidak ketinggalan penjelasan dari hadis dan kesimpulan hukum berdasarkan hadis. Tentunya keterangan yang ada berbahasa arab.

Bukan hanya mendapatkan info, namun info tentang hadis bisa kita bagikan ke media online, misalnya wa, facebook, dan sejenisnya. Bisa juga kita salin dan tempel di pengetikan kita. Karena itu proses pen-takhrij-an hadis bisa dilakukan dengan waktu singkat. Tidak selama proses secara manual.

Dalam artikel ini saya akan mencoba hadis yang umum dikenal oleh para masyarakat, yakni hadis yang berbunyi “Hubbu al-wathan min al-Imaan”. Dari redaksi tersebut muncul 13 info dengan redaksi yang sama persis dengan info yang tentunya berbeda-beda. Salah satu info dari 13 info adalah:

Perawi : –

Muhaddis : Alsghani

Sumber : Maudhu’at alsghani

Halaman sumber rujukan : 53

 

Kita bisa mencari hadis-hadis lain, bisa mengecek para perawi. Untuk membantunya bisa mencari info perawi dari sumber lain bila tidak ada pada aplikasi tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa dunia digital akan bermanfaat bila pemegang mampu memanfaatkan, bisa berbahaya bila tidak mampu memanfaatkan. Butuh sikap bijak guna memilih dan memilah.

 2,044 total views,  2 views today

Posted in Kajian.