Memilah Hadis Sahih dan Daif dalam Software JAWAMI’ AL-KALIM V4.5 (جوامع الكلم)

Chulsum Layyinatul Chasanah
19105030055@student-uin.suka

 

Hadis Sahih merupakan hadis yang baik dan diterima dalam ajaran Islam. Sedangkan Hadis Daif merupakan hadis yang kurang baik dengan alasan tertentu. Kedua hadis tersebut ditemukan dalam beragam kitab hadis yang disusun ulama hadis. Namun, dalam pencariannya terkadang sulit apalagi dalam rimba ribuan kitab hadis yang jarang dikaji.

Dalam mengatasi problem diata, terdapat software jawami’ al-Kalim. Versi software ini akan memudahkan pencarian hadis sahih, hasan dan sekaligus hadis yang lemah. Dalam software terdapat 1400 buku rujukan bahkan di dalamnya terdapat 543 manuskrip. Kitab rijal al-Hadis juga memuat 70 ribu biografi periwayat hadis yang dapat digunakan untuk mempermudah bagi peneliti hadis.

Dalam software Jawami’ al-Kalim juga terdapat kumpulan-kumpulan berbagai hadis dengan sekaligus menegtahui kedudukannya. Sehingga kita bisa dapat mengetahui apakah hadis tersebut termasuk kategori hadis Sahih atau termasuk kategori hadis Daif. Dari manfaat tersebut, tentunya kita menjadi dapat mengerti mana hadis yang bisa kita amalkan dan mana hadis yang tidak bisa kita amalkan. Karena, tidak semua hadis yang beredar di sekitar kita merupakan hadis yang mutlaq dapat diterima dan diamalkan isinya.

Jika kita telisik lebih dalam, ternyata dalam software inipun banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan disamping keunggulannya adalah dapat mengetahui kedudukan hadis. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan yakni; hadis-hadisnya telah diberi harakat sehingga memudahkan bagi pembaca dan memudahkan peneliti dalam memahami makna atau arti dari setiap hadis yang ingin dikaji. Selain itu, software ini bisa diaplikasikan berdasarkan tematik. Sehingga, ketika peneliti ingin mengetahui beberapa hadis dengan tema tertentu maka bisa langsung didapatkan banyak hadis hanya dengan satu kali klik. Kemudian software ini juga bisa membandingkan isi dari beberapa kitab yang lainnya. Untuk itu, peneliti bisa membandingkan kelebihan atau kekurangan hadis yang ingin dikaji berdasarkan  kitab-kitab besar pembanding.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dan kegunaan yang bisa dipetik dalam software Jawami’ al-Kalim ini. Uniknya, meskipun terdapat segudang kelebihan, manfaat, serta berbagai penggunaan canggih, software ini bisa diakses tanpa berbayar. Artinya peneliti atau pembaca dapat menikmati software ini secara gratis tanpa perlu memikirkan berapa rupiah yang harus dikeluarkan setiap detiknya.

Untuk dapat mengetahui penggunaan serta dapat merasakan manfaat dari software ini, tentu saja terlebih dahulu kita harus mengerti bagaimana cara menginstal dan mengaplikasikannya dengan tepat dan benar. Berikut cara mendowload dan menginstal aplikasi jawami’ al-Kalim:

  1. Dowload software pada link : https://islamdownload.net/125679-free-download-software-hadist- terlengkap-jawamiul-kalim.html
  2. Extract file hasil download di komputer Anda
  3. Sebelum melanjutkan, pastikan Anda sudah mendownload dan install .Net Framework (jika masih menggunakan Windows XP) di komputer Anda
  4. Masuk ke dalam folder “Setup”, selanjutnya klik “GKSetup” untuk segera eksekusi file instalasi
  5. Jika tampil gambar seperti di bawah ini, tekan “ﺍﻟﺘﺎﻟﻲ”
  6. Akan muncul tampilan verifikasi apakah Anda sudah menginstall .Net Framework di komputer Anda atau belum, jika sudah klik “ﺍﻟﺘﺎﻟﻲ” untuk
  7. Berikutnya akan muncul tampilan untuk memastikan ruang harddisk masih cukup untuk melakukan instalasi, klik “ﺍﻟﺘﺎﻟﻲ” jika memang masih cukup
  8. Tunggu proses instalasi berjalan hingga sempurna
  9. Setelah instalasi berjalan hingga akhir, klik “ﺍﻟﺘﺎﻟﻲ”

 

Setelah itu, maka software jawami al-kalim sudah dapat digunakan dengan berbagai manfaat dan keunggulan yang telah disediakan. Jika sudah terpasang dengan benar, maka peneliti juga harus mengetahui bagaimana langkah-langkah mencari hadis yang akan dikaji serta agar dapat dibandingkan dengan kitab-kitab hadis yang lainnya.

Berikut cara mencari hadis pada software Jawami al-Kalim:

  1. Buka aplikasi

Seperti inilah tampak awal aplikasi jawami’al kalim, dengan bar menu di sebelah kanan. Kemudian jika ingin mencari hadits dengan per- kata kunci menggunakan menu “ﻋﺮﺽ” klik menu paling atas, kemudian tampilan akan seperti ini.

 

 

Kemudian masukan kata kunci hadis yang ingin dicari, pada kolom pencarian. Disini saya mencoba mencari kata ” ﺣﻼﻝ” dengan tanda centang pada pilihan Marfu’ atau Qudsi selanjutnya klik tanda tanda segi empat yang di inginkan. Selanjutnya tampilan akan seperti ini. Hasil dari pencariannya kata halal ditemukan dalam 3 redaksi. Selanjutnya klik hadis yang sesuai dengan yang di inginkan. Lanjutkan klik hadis yang dirasa sesuai sampai muncul hadis utama di atas.

 

 

Sesuai gambar diatas menjelaskan, diawali nama kitab, nomor hadis, jumlah takhrij hadis tersebut dll. Lafadz warna hitam menunjukan tahamul wal ada’nya dan warna merah nama perawinya, dan warna hijau matan haditsnya. Dan jika kita klik pada warna merah nama perawi kita akan mendapatkan informasi perawi tersebut.

 

 

Didapat informasi perawi terkait dengan nama asli perawi, kunyah tahun kelahiran dan wafatnya, nasabnya, nama populernya dan pada slide kedua akan menemukan jarh wa ta’dilnya perawi tersebut. Dan slide ketiga menemukan guru gurunya perawi tersebut. Keempat murid muridnya . dan terakhir kelima, informasi perawi tersebut yang terdapat kitab tahdhibul kamal.

 

Dan menu bar selanjutnya ada syawahid. Yaitu menunjukan hadits hadits yang berkaitan dengan hadits sebelumya. Dan selanjutnya menu bar Mu’ajim, yaitu menunjukan kamus kamus Bahasa arab untuk mencari lafadz hadits yang ghorib. Menu

 

bar keempat, ada hukum ala matan, menunjukan apakah hadits tersebut di hukumi shohih apa dhoif Terdapat presentasenya

Selanjutnya bar kelima ada Syuruh. Berisi tentang kitab kitab syarah. Bar selanjutnya yang keenam ada tabwib. Menjelaskan tentang bab bab suatu kitab hadits yang mencantumkan hadits yang dicari, di tandai dengan warna merah. Bar ketujuh menunjukan Qiroatul Masdar. Berfungsi untuk menunjukan keseluruhan lafadz hadits guna memudahkan membacanya. Selanjutnya bar terakhir, Bitoqotul Kitab, menunjukan informasi kitab baik dari segi pengarang, pentahqiq, penerbit dan kota penerbit.

 

 

 

 15,479 total views,  14 views today

Posted in Opini.