Al-Maktabah al-Waqfiyah sebagai Literature Center Kitab Klasik dan Kontemporer

Anita Nur Aprilianti

19105030054@uin-suka.ac.id

 

Ilmu pengetahuan merupakan sebuah hal yang wajib dimiliki oleh setiap manusia. Karena, tanpa ilmu manusia di dunia  tidak akan bisa berbuat apa-apa. Ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia dapat diibaratkan seperti adanya jasad bagi ruh atau jiwa, dan keduanya memiliki hubungan yang saling memengaruhi. Untuk dapat memperoleh suatu ilmu, terdapat media berupa kitab/buku yang menjadi tempat tertuangnya ilmu tersebut. Biasanya kitab dan buku-buku yang berisi segudang ilmu pengetahuan tersebut tersusun dan terkumpul disebuah tempat yang dinamai dengan perpustakaan.

Di Indonesia, biasanya kita akan menemui perpustakan itu di sekolah, di perguruan tinggi, di pondok, atau di perpustakaan milik pemerintah. Namun sangat disayangkan, didalam perpustakaan-perpustakaan tersebut biasanya tidak terlalu banyak koleksi buku yang ada, terutama kitab ataupun buku asing. Sehingga banyak masyarakat di Indonesia  khususnya para pelajar ataupun santri yang kesulitan dalam menemukan literatur bacaan untuk memperluas dan memperdalam ilmu yang sedang mereka pelajari. Terkadang mahalnya kitab atau buku yang ingin dibaca juga menjadi masalah bagi pelajar dan santri, ketika kitab atau buku tersebut tidak ada diperpustakaan.

Akan tetapi, pada saat ini jika membutuhkan sebuah kitab atau buku tidak perlu risau lagi bila buku tersebut tidak ada diperpustakaan disekitar tempat kita berada, karena dizaman modern yang serba canggih ini, dimana Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Komunikasi semakin maju dengan pesat, telah lahir banyak program penyajian buku dan kitab yang dapat di akses dengan menggunakan internet. Bahkan telah hadir pula situs perpustakan digital,yang didalamnya terdapat berbagai macam kumpulan kitab dan buku  yang dapat diakses dengan mudah menggunakan handphone ataupun laptop. Sehingga kita tidak perlu jauh-jauh datang kesuatu perpustakaan diluar daerah demi menemukan buku  yang perlu kita baca.

Beberapa contoh software yang dapat diakses sebagai rujukan literatur ilmu pengetahuan bagi mahasiswa atau santri diantaranya adalah software maktabah syamilah, software jawamiul kalam, software lidwa pustaka,  situs perpustakaan islam digital, situs al-maktabah al-waqfiyah, dan masih banyak lagi lainnya. Pada tulisan ini, penulis ingin membahas mengenai situs al-maktabah al-waqfiyah yang menurut pribadi penulis, situs ini sangat cocok untuk diakses ketika sedang membutuhkan literatur bacaan kitab. Karena didalam situs tersebut terdapat puluhan ribu bahkan jutaan halaman kitab.

Situs al-Maktabah al-Waqfiyah www.waqfeya.com merupakan situs perpustakaan arab digital yang sangat lengkap, karena didalamnya memuat berbagai macam kitab disiplin ilmu mulai dari yang klasik hingga kontemporer. Kitab-kitab tersebut dapat diakses dalam bentuk pdf yang dapat langsung diunduh, atau dapat juga diunduh melalui internet archive apabila terdapat link untuk mengaksesnya. Koleksi buku yang ada didalamnya sangatlah beragam, jika dilihat dari judul besarnya, terdapat al-Qur’an beserta terjemahnya dalam beberapa bahasa asing, buku  ulumul qur’an, buku tafsir, buku hadis, buku tauhid, buku fiqih serta usul fiqh yang terdiri dari empat mazhab (hanafi, maliki, syafi’i, dan hambali), buku akhlak, buku sejarah, buku tentang ilmu pengetahuan umum (seperti buku seni dan sastra, ekonomi, politik, sosial, geografi, dan lain-lain). Masing-masing dari judul besar buku tersebut terdapat ratusan hingga ribuan koleksi yang terdapat didalam al-Maktabah al-Waqfiyah. Terdapat pula ribuan manuskrip islam, jurnal, dan majalah. semua buku yang ada didalam al-Maktabah al-Waqfiyah tersebut bertuliskan dalam bahasa arab, namun terdapat pula beberapa buku islam yang telah menjadi koleksi situs tersebut dengan menggunakan bahasa asing, seperti bahasa inggris, prancis, spanyol, indonesia, turki, dan lain-lain. Jumlah keseluruhan buku yang ada didalam situs al-Maktabah al-Waqfiyah tersebut jika ditaksir mungkin terdapat sekitar puluhan hingga ratusan ribu judul buku.

Ketika ingin mencari dan mendowload kitab dengan menggunakan situs ini, caranya  sangatlah mudah. Pertama, buka situs www.waqfeya.com , kemudikan cari kitab yang diinginkan dengan mengetik judul kitab, atau nama pengarang di kolom pencarian. Kedua, apabila telah muncul kolom yang berisi nama kitab beserta ulusan dan sampul halaman dari kitab yang sedang dicari, klik تحميل  yang berarti “unduh” jika ingin mendownloadnya langsung. Ketiga, setelah muncul pdf dari kitab yang dicari, klik simbol “unduh” yang ada dibagian kanan atas dan tunggu hingga proses selesai.

Kita juga dapat mendownload kitab yang diinginkan melalui link internet archive yang terdapat di kolom ulasan dari kitab tersebut.dengan cara mengeklik link  رابط التحميل من موقع Archive, setelah itu akan muncul tab baru yang berisi kitab yang di inginkan tadi, di bagian bawah dari gambar kitab, terdapat ulasan yang berkaitan dengan kitab tersebut serta beberapa opsi atau pilihan download, jika ingin mendownload cukup klik link download sesuai dengan format yang diinginkan.

Dengan mengikuti perkembangan IPTEK sesuai dengan alur perkembangan zaman yang semakin kompleks, kita dapat meraih manfaat yang sangat banyak, dan salah satunya adalah kita bisa lebih mudah dalam mengakses buku dengan menggunakan internet melalui software-software yang telah tersedia didalamya. Salah satu contohnya adalah software al-Maktabah al-Waqfiyah, dengan adanya software tersebut, kita dapat mencari serta membaca kitab referensi, baik itu yang klasik ataupun kontemporer secara gratis. Yang biasanya, pada umumnya untuk memiliki satu saja kitab klasik yang memiliki ribuan halaman, dibutuhkan uang ratusan hingga jutaan ribu rupiah agar dapat membelinya, setelah adanya situs al-Maktabah al-Waqfiyah ini kita dapat mendownloadnya secara gratis. Dengan adanya situs al-Maktabah al-Waqfiyah serta software-software serupa yang beredar diinternet, masyarakat pada umumnya dan para pelajar serta santri dapat  mencari dan mengunduh literatur kitab dan buku dengan mudah. Sehingga diharapkan dalam jangka beberapa waktu kedepan dapat tercipta budaya gemar membaca pada masyarakat di Dunia, dan terkhusus di Indonesia.

 8,269 total views,  12 views today

Posted in Kajian.